Header Ads


Ini 7 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan, Apakah Kamu Sudah Tahu?


PastiSatu - Beras merah tidak banyak yang mengonsumsinya, kecuali yang sedang proses menjalani pola hidup sehat atau yang sedang diet sehat. Padahal, jika dicari tahu. Banyak lho manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi beras merah dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Beras merah bisa diolah sebagai makanan pokok, bubur, dan olahan sehat lainnya yang dapat menggugah selera makan. Jadi, selain enak dimakan, beras merah mempunyai banyak khasiat khususnya untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak tujuh manfaat beras merah.


1. Menjaga kadar kolesterol

Agar tidak terserang penyakit kolesterol tinggi. Kamu perlu jaga pola makan. Salah satunya dengan mengonsumsi beras merah. Beras merah memiliki kandungan minyak alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, beras merah juga kaya akan mineral, serat dan vitamin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.


2. Menjaga kesehatan jantung

Beras merah memiliki kandungan selenium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsinya dapat mencegah terjadinya penyumbatan arteri. Selain itu, kandungan serat, mineral dan vitamin dalam beras merah dapat memperlancar peredaran darah sehingga membantu meningkatkan kesehatan jantung.


3. Mencegah obesitas

Obesitas bisa menyerang siapa saja. Termasuk kamu lho. Hal ini bisa terjadi apabila kamu tidak bisa menjaga pola makan dengan baik. Beras merah mengandung mangan yang dapat membantu mensintesis lemak tubuh. Mengonsumsi beras merah sangat cocok diterapkan oleh kamu yang sedang menjalani diet sehat.


4. Mencegah diabetes

Beras merah memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat yang tinggi. Sehingga sangat bagus untuk memperbaiki kesehatan bagi penderita diabetes. Di samping itu, beras merah memiliki indeks glikemik rendah yang berfungsi mengurangi lonjakan insulin serta sebagai stabilisator kadar gula darah dalam tubuh.


5. Meningkatkan proses pencernaan

Beras merah tak hanya low sugar. Namun, beras merah juga kaya akan serat yang dapat membantu dalam memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi sangat membantu lambung dan usus dalam menjalankan fungsinya sebagai organ yang bekerja pada bagian pencernaan. Memiliki pencernaan yang bagus dapat membuat kondisi tubuh menjadi sehat dan tidak rentan terhadap penyakit.


6. Mencegah kanker

Tindakan mencegah kanker dapat dimulai dengan mengubah pola makan menjadi pola makan sehat seperti mengonsumsi nasi merah sebagai makanan pokok sehari-hari. Beras merah memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Kandungan anti oksidan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Karena kemampuannya dalam menangkal radikal bebas dari berbagai serangan penyakit. Serta mampu mendetoks tubuh dari racun-racun yang berbahaya.


7. Meningkatkan kesehatan tulang

Beras merah juga kaya akan kandungan kalsium dan magnesium yang bagus untuk kesehatan tulang. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang sehingga menjadi kuat dan tidak rentan terhadap penyakit tulang lainnya. Serta mencegah terjadinya demineralisasi tulang yang membuat tulang mengalami penurunan fungsi.

Gimana? Gak hanya bagus buat diet sehat lho. Tapi, banyak manfaat yang bisa kamu dapat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.