Header Ads


Jangan Disepelekan! Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Biji Pepaya untuk Kesehatan



PastiSatu - Pepaya dikenal sebagai buah yang baik untuk melancarkan pencernaan. Buah yang mudah ditemukan dan memiliki harga yang terjangkau ini cenderung dikonsumsi hanya daging buahnya dan bijinya dibuang begitu saja. Tidak hanya daging buahnya yang kaya akan manfaat, ternyata biji pepaya yang sering disepelekan juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari biji pepaya? Yuk, intip ulasannya berikut ini!


1. Mencegah infeksi dan mengobati keracunan makanan

Biji pepaya memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat pada sistem pencernaan. Studi menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya efektif membunuh E. coli, Salmonella, bakteri berbahaya lainnya, serta dapat menghancurkan jenis jamur dan parasit tertentu.

Jika kamu menderita keracunan makanan sehingga sering kali tidak merasa ingin makan, mengonsumsi biji pepaya dan pepaya akan membantu detoksifikasi tubuh dan membuat tubuh bebas dari segala jenis racun yang mengganggu tubuh. Untuk perlindungan umum terhadap infeksi saluran pencernaan dari bakteri jahat, biji pepaya dapat dikonsumsi setiap hari dalam dosis kecil.


2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Tidak hanya daging buahnya yang dapat melancarkan pencernaan, biji pepaya merupakan sumber serat yang baik. Banyak orang mengonsumsi daging atau makanan berprotein tinggi yang sulit dicerna. Protein yang rusak tidak sempurna tersebut dapat menciptakan senyawa beracun dan mendorong pertumbuhan bakteri jahat. Enzim proteinolitik seperti papain yang ditemukan dalam biji pepaya dapat memecah protein yang tidak tercerna dalam saluran pencernaan.

Meningkatkan asupan serat dapat berdampak positif pada beberapa aspek kesehatan pencernaan lainnya. Studi menunjukkan bahwa serat makanan dapat melindungi terhadap penyakit radang usus, meredakan gejala wasir dan mencegah pembentukan ulkus usus.


3. Melindungi fungsi ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan penting sebagai filter untuk menyaring dan membuang limbah dari darah, mengatur tekanan darah, keseimbangan elektrolit, dan produksi sel darah merah dalam tubuh. Stres oksidatif adalah penyebab umum penyakit ginjal kronis, terutama pada pasien dengan diabetes dan dapat menyebabkan gagal ginjal. Biji pepaya kaya antioksidan yang dapat memblokir kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh dan melindungi kesehatan ginjal.


4. Pengobatan untuk sirosis hati

Hati memiliki fungs utama untuk menyaring darah yang berasal dari saluran pencernaan, sebelum meneruskannya ke seluruh tubuh. Hati juga mendetoksifikasi bahan kimia dan memetabolisme obat. Sirosis hati adalah penyakit yang biasanya disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan selama bertahun-tahun atau infeksi virus di mana hati menyusut dan menjadi mengeras sehingga tidak efektif untuk mengeluarkan racun dari tubuh yang mengarah ke berbagai masalah kesehatan yang serius. 

Berbagai studi menyebutkan bahwa biji pepaya dapat digunakan sebagai pengobatan alami yang efektif untuk sirosis hati dan detoksifikasi hati secara keseluruhan. Metode yang disarankan adalah menghaluskan sekitar sepuluh biji kering dan mencampurnya dengan satu sendok makan perasan lemon atau jus jeruk nipis dalam segelas air. Minumlah perawatan dengan biji pepaya ini dua kali sehari selama sebulan namun konsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama yang berkaitan dengan enzim papain yang dapat mengganggu pengobatan.


5. Mencegah penuaan dini

Biji pepaya dapat menjadi sumber utama tubuh untuk mendapatkan antioksidan, fitonutrien, glisin, leusin, bersama dengan banyak mineral yang memperkuat tubuh. Nutrisi tersebut memungkinkan sistem tubuh untuk mencegah kerusakan akibat stres oksidatif dan radikal bebas, membantu meremajakan tubuh dan kulit karena beberapa nutrisi dalam tubuh tidak akan mudah diregenerasi oleh tubuh sendiri seiring bertambahnya usia. Dengan menambahkan sumber eksternal yang mengandung banyak nutrisi seperti biji pepaya dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit mati sehingga menjaga kecantikan kulit.

Masih banyak lagi manfaat dari mengonsumsi biji pepaya bagi kesehatan tubuh. Kamu tertarik mencoba?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.