Header Ads


Jarang di Ketahui Orang! Ini 5 Manfaat Bawang Bombay



PastiSatu - Siapa yang tidak mengenal bawang bombay? Bawang bombay adalah salah satu jenis bawang yang sering banget digunakan sebagai bahan masakan. Nah, bawang bombay ini memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak kamu ketahui. Penasaran kan? berikut ulasannya.


1. Rendah kalori dan kaya akan nutrisi penting

Bawang bombay adalah bahan makanan rendah kalori, yang mana cocok banget buat kamu konsumsi ketika kamu lagi program diet. Selain itu, bawang bombay juga dilengkapi dengan berbagai nutrisi lainnya seperti serat, vitamin C, vitamin B2, kalsium dan protein. Bawang bombay juga mengandung lemak jenuh yang sangat sedikit dan sama sekali tidak mengandung lemak trans.


2. Menjaga gula darah

Bawang bombay juga dapat menjaga gula darah, karena di dalam bawang bombay terdapat kromium yang berperan penting untuk menjaga gula darah.

Bawang bombay juga mengandung sulfur yang membantu menurunkan gula darah dan memicu peningkatan produksi insulin. Sehingga bawang bombay sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang terkena diabetes.


3. Menjaga fungsi sistem pencernaan

Bawang bombay juga dapat menjaga fungsi sistem pencernaan, pasalnya bawang bombay mengandung jenis serat khusus, yakni serat larut yang disebut dengan oligofructose. Serat tersebut lah yang berperan untuk menjaga sistem pencernaan agar berfungsi dengan baik dan membantu mencegah serta mengobati diare.



4. Menjaga mood

Percaya atau tidak bawang bombay juga bermanfaat untuk menjaga mood lho, pasalnya pada bawang bombay terdapat folat yang ternyata bisa mengurangi gejala depresi. Karena folat berfungsi untuk mengurangi terbentuknya homosistein, yakni senyawa yang bisa mencegah darah dan zat gizi mencapai otak dengan optimal.

Dengan menekan produksi homosistein, ini artinya produksi zat kimia di otak bisa diproduksi dengan lancar. Sehingga membuat otak lebih optimal mengatur siklus tidur, nafsu makan dan suasana hati.


5. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Bawang bombay juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung, pasalnya dalam bawang bombay terdapat kalium yang berperan untuk menjaga tekanan darah, hingga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.

Nah, itu tadi 5 manfaat bawang bombay yang mungkin belum kamu ketahui. Oleh karena itu, yuk rajin konsumsi bawang bombay mulai saat ini agar kamu juga dapat merasakan manfaatnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.