Header Ads


Jarang Diketahui! Ini Dia 5 Khasiat Lada untuk Kesehatan



PastiSatu - Lada, atau merica merupakan salah satu bumbu dapur yang pastinya ada di setiap dapur. Tanaman yang asli hutan hujan tropis di India Selatan, Kerala ini sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia, dan menjadi bumbu favorit pelengkap masakan. memiliki rasa pedas yang kuat yang berasal dari kandungan piperine.

Tidak hanya berperan penting di dapur, ternyata lada juga memiliki khasiat bagi kesehatan yang pastinya harus kita ketahui.


1. Membantu sistem pernapasan

Ketika seseorang mengalami flu, pilek maka saluran pernapasan mereka akan tersumbat oleh selaput lendir. Kandungan ekspektoran yang terdapat pada lada akan membantu memecahkan lendir dan dahak pada saluran pernapasan. maka ketika kamu mengalami pilek dan susah bernapas, kamu dapat mengonsumsi sup hangat yang di tambahkan lada secukupnya.


2. Menurunkan berat badan

Ternyata makanan pedas dapat menurunkan berat badan secara alami. Bagian lapisan luar dari lada dapat membantu proses pemecahan sel-sel lemak. Ketika sel-sel lemak terpecah, mereka akan dengan mudah diproses oleh tubuh untuk kemudian disalurkan kebagian-bagian tubuh yang lain. Hal ini akan membuat reaksi enzimatik tubuh  menjadi lebih sehat.


3. Menurunkan depresi

Minyak esensial yang terkandung dalam lada ternyata dapat menurunkan rasa cemas dan khawatir berlebihan. Kandungan  piperin  dalam lada yang dapat berperan sebagai antidepresan yang kuat untuk membantu mengobati depresi dan dikenal untuk meningkatkan kemampuan kognitif.


4. Menurunkan demam

Dalam lada juga terkandung  minyak atsiri yang merupakan agen antiseptik dan diuretik yang dapat difungsikan untuk obat penurun panas, mengurangi demam, dan menjaga suhu  tubuh agar tetap normal. Caranya dengan menambahkan 1 tetes minyak lada pada kain basah yang digunakan untuk kopres. Ini akan membuka pori-pori keringat dan mengurangi suhu tubuh secara perlahan.


5. Mencegah penuaan dini

Agen antioksidan yang terdapat pada lada dapat menetralisir senyawa  berbahaya dalam tubuh serta melindungi sistem kekebalan tubuh dari berbagai kondisi, bahkan terjadinya penuaan dini yang ditandai dengan keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula, dan kehilangan memori.

itulah 5 khasiat lada bagi kesehatan, jadi jangan lupa untuk menambahkan lada dalam masakan. Tapi ingat sesuatu yang berlebihan juga dapat menjadi hal yang tidak baik, terkhususnya untuk kamu yang memiliki sakit maag. Gunakan lada secukupnya agar manfaatnya tidak berubah menjadi ancaman.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.