Header Ads


Pencuri di Perumahan Elite Sewa Mobil Mewah, Sekuriti dan Warga Tertipu

HR (kiri) dan AS (kanan), pelaku pencurian spesialis rumah kosong dalam acara rilis kasus Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kamis (26/4/2018).


Majalahqqhoki.com, JAKARTA - Sebuah rekaman CCTV menampilkan aksi perampokan rumah kosong oleh tiga pria berinisial HR, TM, dan AS.

Dalam rekaman tersebut terlihat sebuah mobil mewah merek Pajero memasuki kawasan rumah elite Taman Harapan Indah, Pluit, Jakarta Utara.

"Ketiga pencuri ini menyewa mobil mewah agar tak dicurigai ketika masuk ke kawasan perumahan elite. Mereka mencoba mengelabui petugas keamanan dan warga sekitar agar disangka sebagai penghuni perumahan elite tersebut," ujar Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam Indardi, Kamis (26/4/2018).

Ade menjelaskan, dalam menjalankan aksinya, ketiga pelaku akan melakukan pemetaan untuk menemukan rumah-rumah elite yang tengah ditinggal pemiliknya. Biasanya, mereka beraksi pada siang hari.

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku berbagi tugas. Ada yang bertugas menyetir mobil, mengawasi situasi, dan ada juga yang bertugas mengambil barang-barang milik korban.

Agen Sakong Online

"Mereka mengamati ciri-ciri rumahnya. Kalau ada rumah yang lampunya menyala pada siang hari atau ada ciri-ciri rumah kosong lainnya, para pelaku akan berhenti dan mencoba masuk," ujarnya.

 Dalam aksi yang terekam CCTV, para pelaku mencoba memasuki rumah dengan mematahkan gembok pagar rumah dengan gunting khusus berukuran besar.

Setelah itu, para pelaku akan mencongkel pintu dan jendela untuk mengambil barang apa pun yang terdapat di dalam rumah.

"Dalam kasus ini, korban mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta," lanjut Ade.

 Ade menambahkan, dalam melancarkan aksinya para pelaku membawa air soft gun sebagai alat perlindungan diri.

Kepada polisi, pelaku mengaku sudah enam kali melancarkan aksinya. "Semua aksi itu dilakukan di Jakarta, dua kali di Kalideres, kemudian di Sunter, Pancoran, dan Kemang," sebutnya.

Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.