Header Ads


7 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Perut Kembung



Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa penuh, kencang, bergas dan membuat siapapun yang merasakannya terganggu. Selain itu, perut juga akan terlihat membesar yang berakibat mengganggu penampilan. Penyebab perut kembung dapat beraneka ragam, mulai dari sembelit, faktor makanan, hingga disebabkan oleh penyakit seperti maag dan asam lambung.

Jika anda sering mengalami perut kembung, berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya :


1. Hindari makanan dan minuman berpemanis buatan

Untuk sebagian orang, makanan manis seperti permen karet dan permen bebas gula ternyata bisa menyebabkan perut kembung. Hal ini terjadi karena mereka mengalami kesulitan mencerna pemanis buatan sejenis sorbitol yang terkandung dalam permen tersebut. Akibatnya, perut akan dipenuhi banyak gas yang menyebabkan kembung. Jika anda pernah mengalami hal tersebut, maka kurangilah mengonsumsi makanan dan minuman yang berpemanis buatan.


2. Memijat area perut

Hasil penelitian mengunkapkan bahwa memijat perut ke arah saluran pencernaan dapat mengatasi rasa kembung di perut. Lakukan pijatan dengan menekan jari-jari di dekat pinggul kanan, lalu geser ke arah tulang rusuk, melintang dan menurun di area usus besar.


3. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung bakteri baik

Bakteri baik dapat ditemukan dalam produk susu yogurt dan minuman probiotik. Hasil studi menunjukkan bahwa minuman yang mengandung bakteri baik sejenis Lactobacillus dapat mengurangi rasa kembung di perut.


4. Konsumsi makanan yang tinggi potasium

Kembung terjadi apabila perut mengalami kelebihan cairan ataupun gas. Makanan yang mengandung potasium akan membantu mengatur keseimbangan cairan didalam tubuh. Makanan yang tinggi akan potasium diantaranya adalah pisang, blewah, mangga, bayam, tomat, dan kacang. Makanan tersebut akan berperan sebagai diuretik yang dapat membuang kelebihan cairan dalam sistem pencernaan.


5. Berjalan kaki selama 15-20 menit

Lawan kembung anda dengan berjalan kaki setidaknya selama 15-20 menit setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga makanan tetap bergerak melalui saluran pencernaan. Keringat yang dihasilkan dari aktivitas ini dapat mengurangi kelebihan cairan yang menjadi penyebab utama perut anda kembung.


6. Menambahkan irisan lemon

Memasukkan beberapa irisan lemon kedalam minuman memang memberikan rasa yang menyegarkan. Bukan hanya itu, ternyata lemon juga membantu menstimulasi saluran pencernaan lho. Ketika pencernaan kuat, tubuh akan mengurai makanan dengan baik, menyerap lebih banyak nutrisi dan mencegah perut kembung.


7. Minum secangkir teh peppermint

Minum secangkir teh peppermint ternyata ampuh untuk meredakan gejala perut kembung dengan cepat. Peppermint berfungsi untuk mengurangi dan mengendurkan otot-otot pencernaan.


Berikut adalah 7 cara yang mungkin bisa anda praktekkan untuk mengatasi perut kembung. Semoga bermanfaat!!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.