Header Ads


8 Alasan Kenapa Anda Harus Berhenti Begadang



Begadang atau tidur larut malam sangat tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan manapun. Hampir semua penelitian menyatakan bahwa begadang menyebabkan jam tidur berkurang dan menjadi sumber dari banyak jenis penyakit. Selain itu, ada beberaoa hal yang terjadi pada tubuh kita jika kita menjadikan begadang sebagai suatu kebiasaan. Berikut adalah beberapa dampak dari kebiasaan bergadang yang mampu mempengaruhi kesehatan anda :


1. Tidak segar saat bangun di pagi hari

Siapapun yang begadang di malam hari pasti tidak akan merasa segar saat harus bangun di pagi hari. Hal ini dikarenakan tubuh kita dasarnya membutuhkan waktu untuk beristirahat paling sedikit enam jam sehari. Jika waktu tidur kita tidak cukup, otomatis tubuh kita akan memberikan sinyal bahwa dia memerlukan lebih banyak waktu untuk istirahat.


2. Membuat kita lesu saat beraktivitas keesokan harinya

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Brata (2016) terhadap tiga subjeknya yang memiliki kebiasaan begadang, begadang bisa membuat seseorang merasa lemas di keesokkan harinya dan tidak siap menjalani aktivitas khususnya pada pagi hari.


3. Mengurangi produktifitas

Karena lesu dan tidak bersemangat, orang yang terbiasa begadang dimalam hari, akan cenderung untuk bersantai-santai di pagi hari dan siang hari. Hal ini menyebabkan produktifitas berkurang. Padahal, jikalau malamnya anda tidak begadang, pagi dan siang hari kita bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat.


4. Metabolisme tubuh kita akan terganggu

Begadang akan membuat pola tidur anda terganggu dan anda akan kekurangan jam tidur. Sehingga, tubuh akan membuat protes dalam bentuk terganggunya metabolisme. Gangguan metabolisme tubuh adalah kondisi saat proses metabolisme tidak terjadi sebagaimana mestinya

Salah satu tanda metabolisme tubuh terganggu yaitu anda akan mudah capek dan sering merasa kelelahan walaupun tidak sedang melakukan aktivitas berat.


5. Emosi tidak stabil

Bagi anda yang sering sekali begadang, pasti pernah tiba-tiba emosi sendiri tanpa alasan yang jelas. Kurang tidur memang memacu emosi kita menjadi sulit dikendalikan. Jika sudah demikian, anda harus tidur dan beristirahat demi merefresh kembali kondisi tubuh anda.


6. Mengurangi fungsi otak

Kurangnya waktu tidur disinyalir dapat menggangu fungsi kognitif seseorang. Yang lebih mengejutkan, ternyata kekurangan waktu tidur sebanyak satu jam saja sudah dapat merusak dua tahun proses perkembangan kognitif kita lho.


7. Keiinginan ngemil meningkat dan membuat berat badan kita meningkat

Ketika begadang, keinginan untuk mengonsumsi makanan menjadi meningkat. Jadi biasanya untuk mengantisipasi hal ini, kita cenderung mengonsumsi cemilan yang kita anggap ringan dan tidak akan berefek banyak bagi tubuh. Padahal, kebanyakan cemilan itu mengandung kalori yang tingginya hampir serupa dengan sepiring nasi.


8. Merusak penampilan karena mata anda akan terlihat berkantung

Penampilan kita akan terganggung dikarenakan munculnya kantong mata. Hal ini bisa terjadi dikarenakan jam tidur anda yang tidak cukup. Jadi untuk menghindarinya hentikan kebiasaan begadang mulai dari sekarang.






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.