Header Ads


7 Masalah yang akan Kita Dapatkan Jika Tidak Pernah ke Dokter Gigi




Majalahqqhoki - Tidak ada yang lebih menakutkan ketimbang datang ke dokter gigi. Hanya mendengar bor gigi saja yang bising sudah dapat membuat pasien tidak nyaman.

Tapi perlu kamu tahu ketidaknyamanan itu tidaklah sebanding dengan ketidaknyamanan yang didapat ketika sakit gigi. Rasa cenat-cenut yang diderita tiap kali meneguk air, makan bahkan ketika tidur sangat mengganggu aktifitas.

Kamu perlu tahu setidaknya ada tujuh permasalahan umum mulut yang biasa dialami oleh orang-orang. Permasalahan ini bisa selesai sendiri, namun bisa juga butuh bantuan dokter. Kamu tidak mau membiarkannya terus-terusan karena bisa jadi permasalahan yang lebih besar. Inilah permasalahan-permasalahan tersebut.


1. Sariawan

Terdapat beberapa tipe sariawan yang sangat mengganggu, tapi selama sariawan itu sembuh dalam kurun waktu kurang dari dua minggu, itu tidak ada masalah. Sariawan paling umum terjadi di dalam mulut dan bukan di area bibir. Kasus ini tidak berbahaya dan bisa disebabkan berbagai hal.


2.Bau mulut

Bau mulut atau halitosis sangatlah memalukan. 85 persen penderitanya selalu disebabkan kerusakan gigi atau permasalahan dalam mulut.

Bakteria yang ada di lidah, mulut kering adalah permasalahan paling umum. Namun untuk versinya ekstremnya, bisa jadi dikarenakan kanker mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi.


3. Gigi sensitif

Kamu pasti sering mendengar kata ini lewat iklan-iklan yang ada di televisi, tapi memang gigi sensitif dialami oleh banyak orang. Mereka yang memiliki gigi sensitif sering merasakan sakit ketika memakan sesuatu yang manis, dingin, ataupun panas. Gigi sensitif juga bisa menjadi tanda keretakan gigi yang perlu ditangani segera oleh dokter karena jika tidak, gigimu dapat tanggal.


4. Kerusakan gigi

Alias gigi berlubang. Gigi berlubang dikarenakan adanya sesuatu hal yang menempel di gigi, lalu dikombinasikan dengan gula dan atau sisa-sisa makanan hingga menghasilkan asam yang merusak gigi.

Gigi berlubang bisa didapatkan oleh semua orang, tak terkecuali yang muda. Cara terbaik untuk mencegah gigi berlubang adalah menyikatnya dua kali sehari, check-up ke dokter dan makan makanan sehat.


5. Penyakit gusi

Penyakit gusi ini adalah infeksi di sekitar gusi yang mengelilingi gigi. Hal itu dapat menyebabkan gigi lepas. Beberapa studi menunjukkan jika ada koneksi antara penyakit jantung dengan penyakit periodontal.

Untuk prosesnya sendiri, terdapat dua: gingivitis dan periodontitis. Semuanya rawan terkena penyakit ini, namun umumnya baru terkena pada umur 30 tahun. Merokok adalah penyebab paling umum.


6. Erosi gigi

Erosi gigi adalah kondisi ketika gigi kehilangan strukturnya dan dikarenakan asam yang menyerang enamel. Tanda dari erosi gigi bisa tampak dari gigi yang retak. Erosi gigi lebih umum daripada yang orang-orang pikirkan, tetapi sebenarnya itu semua bisa dicegah.


7. Kanker mulut

Kanker mulut adalah salah satu penyakit paling berbahaya yang diderita berjuta orang di dunia. Oral Cancer Foundation memperkirakan di Amerika ada seseorang yang meninggal tiap jamnya akibat penyakit ini. Namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Jika terdiagnosa dan ditangani sedini mungkin, kanker mulut dapat sembuh. Gejalanya adalah adanya sariawan, benjolan atau area kasar di mulutmu. Kamu juga akan merasakan hal yang aneh ketika menggigit dan memiliki kesulitan untuk mengunyah.




Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.