Header Ads


Untuk Wanita! 7 Tanda Ini Akan Muncul Jika Anda Kebanyakan Hormon Estrogen



Estrogen adalah hormon wanita utama yang bertanggung jawab untuk pengembangan juga pengaturan sistem reproduksi serta karakteristik gender seperti rambut ketiak, pertumbuhan payudara dan siklus menstruasi. Sangat penting untuk mengontrolnya dan menjaganya pada tingkat normal karena estrogen yang berlebihan bisa pada akhirnya menyebabkan kanker di kalangan wanita.

Selain menstruasi dan kehamilan, gaya hidup yang tidak baik seperti banyak minum alkohol ataupun sering stres bisa membuat kadar estrogen dalam tubuhmu melonjak. Ini 7 tanda-tandanya.


1. Rambut rontok

Biasanya ini adalah masalah laki-laki, tetapi saat kamu memproduksi terlalu banyak estrogen, kamu memiliki kemungkinan rambut rontok jauh lebih banyak dari biasanya. Rambut rontok ini kadang bisa membuatmu jadi lebih depresi. Tetapi kamu harus ingat bahwa jumlah rambut yang rontok tergantung pada gaya hidupmu juga.


2. Peningkatan berat badan

Kamu tidak makan berlebihan dan juga tidak terus-terusan berbaring di sofa 24/7, tetapi kamu menyadari kalau area pinggulmu semakin besar. Ini bisa menjadi tanda kelebihan estrogen. Kamu juga bisa merasa kembung tanpa alasan.


3. Periode menstruasi tidak teratur

Menstruasi menjadi tanda-tanda dari kesehatan seorang wanita. Jadwal menstruasi yang biasanya normal namun tiba-tiba menjadi tidak normal haruslah diwaspadai. Periode menstruasi diatur oleh kadar hormon dalam tubuh, dan kalau ada ketidakseimbangan maka seluruh periode menstruasi bisa jadi berantakan.


4. Pembengkakan dan rasa nyeri di payudara

Banyak wanita merasakan perubahan pada payudara mereka selama siklus menstruasi terjadi dan selama kehamilan karena payudara sangat sensitif terhadap hormon. Kalau kamu merasakan sakit di payudara atau kalau kamu menyadari bahwa mereka mengalami pembengkakan lebih dari biasanya, ini bisa disebabkan oleh estrogen yang tinggi.


5. Mood Swings

Estrogen memengaruhi kondisi mental dan emosimu. Perasaan ini akan mengingatkanmu kepada gejala PMS. Kamu mungkin akan merasa tertekan atau cemas dan emosimu bisa tercecer dimana-mana tanpa alasan.


6. Sulit tidur

Estrogen yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah tidur yang berbeda. Kamu bisa merasa tidak bisa tidur, atau sebaliknya, kamu bisa merasa mengantuk sepanjang waktu. Perhatikan kalau kebiasaan tidurmu berubah tiba-tiba tanpa alasan yang kuat, itu berarti bisa jadi tingkat estrogenmu tinggi.


7. Kamu merasa terus-terusan lelah

Kalau kamu sulit tidur, maka kamu bisa merasa lelah sepanjang waktu. Ini normal. Tetapi kalau kamu menyadari kalau kamu lelah lebih dari biasanya dan gaya hidupmu tidak ada perubahan, itu bisa menjadi tanda peringatan kalau kamu perlu memeriksa kadar hormonmu.

Pernah merasakan perubahan di atas terjadi pada tubuhmu? Segera cek ke dokter ya, kalau memang perubahan itu sampai membuatmu tidak nyaman.



Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.