Header Ads


Apakah Gendang Telinga yang Pecah Bisa Sembuh?



Majalahqqhoki - Apa yang terjadi kalau gendang telingamu pecah? Tentu saja kamu akan mengalami gangguan pendengaran. Terdengar mengerikan.

Namun, apakah gendang telinga yang pecah bisa sembuh? Apakah memungkinkan bagi seseorang yang pecah gendang telinga untuk mendapatkan pendengarannya kembali? Berikut penjelasannya.


1. Ternyata, gendang telinga yang pecah bisa sembuh dengan sendirinya loh!

Meski terdengar mengerikan, nyatanya gendang telinga yang pecah bisa sembuh dengan sendirinya. Gendang telinga pecah atau dikenal dengan istilah medis perforasi timpani adalah kondisi saat selaput timpani dalam telinga sobek, hingga berlubang. Selaput timpani berbentuk jaringan tipis yang membagi saluran telinga luar dengan telinga tengah. 


2. Gendang telinga pecah disebabkan oleh suara-suara keras

Gak ada yang mau mengalami gangguan pendengaran. Untuk itu, hindari mendengar suara-suara keras dalam jarak yang terlalu dekat dan dalam waktu lama ya. Adapun, penyebab gendang telinga pecah, antara lain suara petir, ledakan hingga tembakan. 


3. Gendang telinga memiliki kemampuan untuk menutup dengan sendirinya

Buat kamu yang mengalami pecah gendang telinga, gak perlu khawatir. Itu karena gendang telinga yang pecah hanya bersifat sementara. Gendang telinga memiliki kemampuan untuk menutup dengan sendirinya. Meski awalnya terganggu, lama-kelamaan pendengaranmu akan jelas kembali. 


4. Gendang telinga dapat sembuh dalam beberapa minggu hingga tiga bulan ke depan

Meski begitu, kesembuhan bergantung pada penyebab dan tingkat parahnya gendang telinga yang pecah. 


5. Gendang telinga pecah akibat infeksi dapat membaik setelah mendapat antibiotik

Jika kamu mengalami pecah gendang telinga akibat infeksi, dokter akan meresepkan antibiotik, berupa obat tetes telinga atau obat minum. Semakin cepat kamu berobat, semakin cepat pula kesembuhanmu. 


6. Saat mengalami pecah gendang telinga, hindari aktivitas berenang atau menyelam terlebih dahulu

Namun, kalau pun ingin berenang, kamu bisa menggunakan sumbat telinga. Itu untuk memastikan telingamu tetap kering sehingga cepat sembuh. 


7. Jangan lupa gunakan penutup kepala saat mandi

Bisa juga menggunakan kapas yang dilapisi petroleum jelly agar telingamu gak kemasukan air. 


8. Sebisa mungkin, hindari bepergian jarak jauh dengan pesawat

Itu karena perjalanan naik pesawat menyebabkan tekanan tinggi pada telinga (barotrauma). Jikalau terpaksa untuk bepergian, siapkan sumbat telinga atau kunyahlah permen karet. Hal tersebut berguna untuk mencegah sakit lebih parah atau kambuh lagi. 


9. Mintalah obat perda rasa nyeri jika sakitnya gak tertahankan

Saat gendang telinga pecah, dokter akan meresepkan pereda nyeri untuk rajin diminum. Biasanya obat tersebut berupa parasetamol dan ibuprofen. Obat tersebut pun berfungsi untuk mencegah infeksi lebih parah. 


10. Jika gak kunjung sembuh, dokter akan memberi patch untuk menambal gendang telingamu

Untuk masalah yang lebih serius, kamu akan dirujuk ke dokter THT (telinga, hidung dan tenggorokan). Biasanya, dokter THT akan menambal gendang telingamu dengan patch agar lekas membaik. Patch ini berguna untuk mendorong pertumbuhan jaringan gendang telinga dan menutup lubangnya. Berangsur-angsur, pendengaranku yang terganggu akan membaik. 


11. Untuk kasus yang parah, bisa juga dilakukan operasi timpanoplasti

Operasi timpanoplasti adalah operasi pembedahan untuk menutup lubang pada gendang dengan membran timpani. Prosedur ini akan ditempuh sebagai pilihan terakhir apabila gendang telinga yang pecah gak berhasil diobati. Dokter akan mengambil jaringan tertentu dari tubuhmu. Meski begitu, ini adalah operasi kecil yang gak rawat inap.

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, kamu pun gak serta-merta diam saja ya saat gendang telingamu pecah. Pastikan kamu lekas mendapatkan penanganan medis agar cepat sembuh. Penanganan yang lambat bisa mengakibatkan kehilangan pendengaran secara permanen.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.