Header Ads


Punya Asam Urat? 8 Makanan Ini Ternyata Baik Bagi Penderita Asam Urat lho!



Majalahqqhoki - Penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat terlalu tinggih dalam darah. Penyakit yang punya nama lain gout ini biasanya terbentuk menyerupai kristal yang umumnya terdapat di sendi.

Penyebab asam urat sendiri bisa disebabkan beberapa hal, misalnya saat tubuh kelebihan memproduksi asam urat dan terjadi gangguan pembuangan asam urat yang seharusnya larut ke dalam darah dan keluar melalui urin.

Untuk meminimalisir produksi asam urat berlebih yang bisa menyebabkan sendi terasa sakit, beberapa makanan di bawah ini bisa berkhasiat baik lho buat penderita asam urat.


1. Teh hijau

Cara pertama yang bisa dilakukan penderita asam urat adalah dengan rajin mengonsumsi teh hijau setiap hari. Sebab rutinitas ini dapat menurunkan resiko terkena asam urat dan mengendalikan hiperurisemia atau kadar asam urat yang tinggi.


2. Pisang

Selain baik untuk pencernaan pisang juga sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita asam urat. Mengapa? Karena pisang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat yang berlebih. Dengan rajin mengkonsumsinya maka asam urat akan terhindar dari penggumpalan dan penumpukkan di sendi.


3. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang dibutuhkan tubuh, selain itu minyak sehat ini juga punya kandungan anti-oksidan dan anti inflamasi yang baik untuk menjaga produksi asam urat tetap pada kadar normal.


4. Tomat

Tomat dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata karena punya kandungan Vitamin A yang tinggi. Namun ternyata bukan hanya kandungan vitamin saja, tomat pun memiliki sifat basa yang membantu menjaga asam urat larut dalam darah.


5. Jeruk nipis

Jeruk nipis yang biasa disajikan sebagai penyedap makanan ini ternyata punya manfaat yang luar biasa lho buat asam urat. Kadnungan asam sitrat yang ada di dalamnya mampu melarutkan asam urat. Sehingga penderita asam urat sangat disarankan mengkonumsi jeruk nipis agar mencegah kadar asam urat yang tinggi.


6. Ceri

Karena ceri memiliki zat anti inflamasi yang disebut anthocyanin, ceri juga mampu mengurangi kadar asam urat berlebih. Bahkan ceri bisa mencegah asam urat mengkristal dan mengendap dalam sendi.


7. Apel

Selain mengandung serat yang tinggi apel juga memiliki kandungan asam malat yang mampu menetralkan asam urat dalam aliran darah. Buat kamu yang memiliki asam urat tinggi coba rutin mengkonsumsi apel setiap hari


8. Air putih

Air putih terbukti mampu membantu pembuangan toksin tubuh termasuk kadar asam urat yang berlebih. Usahakan untuk meminum 8-9 gelas air putih sehari untuk merasakan manfaatnya bagi tubuh.

Menangani penyakit asam urat tinggi ternyata gak selalu harus dengan obat. Melalui cara alami yang menggunakan berbagai makanan di atas tadi, ternyata juga bisa menurunkan kadar asam urat nih. Semoga informasi ini bermanfaat!



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.