Header Ads


6 Manfaat Besar Apel Untuk Tubuh Kita!



Majalahqqhoki - Buah apel merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan manfaat. Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang ada pada apel, sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, buah apel ini sering lho dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet, karena efektif dapat menurunkan berat badan secara alami. Apel merupakan buah yang rendah kalori, sehingga tidak akan membuat berat badan meningkat secara signifikan jika mengonsumsinya.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada apel akan membuat perut cepat kenyang, sehingga akan sangat baik untuk program diet yang sedang kamu jalankan. Buah yang identik dengan warna merah ini, tak hanya baik untuk diet saja lho, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu. Nah, berikut ini ulasan 6 manfaat apel untuk tubuh kamu. Dicatat ya!


1. Mengurangi resiko penyakit alzheimer

Menurut sebuah penelitian, dengan rajin mengonsumsi buah apel, akan dapat mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer, mengapa bisa? Karena rajin mengonsumsi apel dapat meningkatkan kesehatan otak.

Kandungan quercetin yang ada pada apel, dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Rajin mengonsumsi 1 buah apel setiap hari, akan membuatmu terhindar dari penyakit yang membuat daya ingat menjadi menurun ini.


2. Mengatasi rambut rontok dan ketombe

Ternyata, rajin mengonsumsi buah apel dapat mengatasi rambut rontok dan juga ketombe lho, mengapa bisa? Karena buah apel mengandung dua senyawa alami, yaitu procyanidin dan biotin, yang berfungsi dalam mengikat protein, sehingga nantinya dapat memicu pertumbuhan rambut.

Selain itu, kandungan serat pada apel yang bernama pyrus marus, berfungsi sebagai penyeimbang kadar pH pada rambut, yang dapat membersihkan kotoran dari kulit kepala, sehingga kamu akan terbebas dari ketombe yang mengganggu.


3. Mengobati penyakit asma

Tak hanya mencegah penyakit alzheimer, buah apel juga dapat mengobati penyakit saluran pernafasan, yaitu asma. Kandungan quercetin yang tinggi pada buah apel dapat menjadi anti-histamin dan antioksidan untuk mengurangi penyakit asma.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada apel dapat melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif.


4. Menjaga kesehatan kulit

Rajin mengonsumsi buah apel tak hanya akan membuat kamu terhindar dari berbagai macam penyakit, namun juga bermanfaat lho untuk kecantikanmu. Dengan rajin mengonsumsi buah apel, maka kesehatan kulitmu akan terjaga, mengapa bisa? Karena kandungan zat anti oksidan, vitamin C, vitamin B komplek seperti riboflavin, tiamin dan piridoksin, dapat memperbaiki sel kulit yang rusak.

Selain itu, buah apel juga mengandung glycolik, yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori dan juga menjaga kadar pH kulit agar tetap seimbang. Tidak hanya dikonsumsi secara langsung saja, seperti memakannya dan mengolahnya sebagai jus, kamu dapat mengaplikasikannya sebagai masker wajah untuk kesehatan kulit wajahmu.


5. Menjaga kesehatan gigi

Serat yang terdapat pada apel dapat membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Selain itu, sifat anti virus yang ada pada apel dapat menjaga mulut dari bakteri dan juga virus.

Selain itu, dengan mengunyah buah apel, maka akan merangsang produksi air liur dalam mulut, sehingga dapat mengurangi kerusakan gigi dengan cara mengurangi jumlah bakteri yang ada dalam mulut. Dengan rajin mengonsumsi buah apel, maka kesehatan gigimu dapat terjaga.


6. Mencegah katarak

Kandungan antioksidan yang tinggi pada apel, tak hanya dapat melindungi kamu dari berbagai macam penyakit yang berbahaya, tetapi juga dapat menjaga kesehatan mata kamu. Bahkan, dengan rajin mengonsumsi satu buah apel setiap harinya, akan membantu kamu terhindar dari katarak.

Itulah ulasan dari 6 manfaat besar apel untuk tubuh, yang ternyata gak hanya bisa menurunkan berat badan saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Yuk, belanja buah apel!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.