Header Ads


7 Fakta Tentang Gorengan yang Perlu Kamu Tahu!



Majalahqqhoki - Siapa sih yang tidak suka makan gorengan? Mulai dari anak-anak hingga dewasa pun menyukainya. Bahkan gorengan kerap ditunggu kehadirannya saat kumpul bersama keluarga dan teman-teman. Meskipun dinilai sebagai jajanan favorit, kamu harus tahu 7 fakta tentang gorengan berikut ini. 


1. Berbahaya minum kopi setelah makan gorengan

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Guelph menunjukkan bahwa meminum kopi setelah makan gorengan atau makanan berminyak itu sangat berbahaya karena dapat meningkatkan lonjakan gula darah di dalam tubuh.

Lemak jenuh yang dibawa oleh gorengan mengakibatkan tubuh kesulitan untuk membersihkan gula di dalam darah dan meminum kopi semakin menambah tingkat kesulitan tersebut.


2. Gorengan dinilai miskin gizi

Sudah bukan rahasia lagi jika zat yang terkandung di dalam gorengan yang kamu makan hanya ada karbohidrat dan lemak. Itu saja dalam kadar yang sangat tinggi. Oleh karena hal ini lah banyak yang akhirnya mengkategorikan gorengan ke dalam junk food. 


3. Mengandung banyak MSG

Supaya gorengan lebih gurih, sedap dan nikmat biasanya gorengan tersebut ditambahkan dengan garam dan MSG. Padahal kandungan kedua bahan ini bisa menyebabkan naiknya kolesterol dan tekanan darah.


4. Gorengan bisa mengakibatkan pinggul dan perut membuncit

Kalori yang tersimpan di dalam tubuh setelah konsumsi gorengan itu sangat banyak. Kalau tidak kamu bakar atau digunakan untuk beraktivitas, kalori tersebut hanya akan membentuk lemak di pinggul bagi wanita. Sedangkan untuk pria lemak tersebut akan tersimpan di perut yang mengakibatkan perut mereka menjadi buncit.


5. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Gorengan mengandung lemak trans yang cukup tinggi. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung akan semakin besar.


6. Menimbulkan rasa nyeri di dada

Kamu yang sering mengalami rasa nyeri di dada mungkin diakibatkan oleh kebiasaan terlalu sering mengkonsumsi gorengan. Supaya rasa nyeri di dada tidak bertambah parah dan sering kambuh, sebaiknya kamu mulai perbanyak konsumsi makanan yang direbus saja, ya.


7. Bisa menjadi penyebab kerusakan sel tubuh

Kamu pasti pernah melihat bagaimana cara menggoreng gorengan yang kamu makan. Gorengan biasanya digoreng di dalam minyak panas yang telah digunakan berkali-kali sebelumnya. Hal ini menyebabkan gorengan bisa tercemar radikal bebas yang jika mengendap terlalu lama di dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan pada sel-sel.

Nah, itulah 7 fakta gorengan yang harus kamu tahu. Demi hidup sehat, yuk mulai sekarang kurangi konsumsinya dan berganti ke makanan yang direbus.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.