Header Ads


Ini Dia 5 kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Kulit Kapalan!



Majalahqqhoki - Kulit kapalan merupakan masalah penebalan pada kulit, yang biasa terjadi pada kulit tangan, jari, tumit dan bagian kaki. Kapalan muncul karena adanya iritasi atau tekanan yang terjadi secara intens, di bagian kulit tertentu dan biasanya terjadi dalam waktu yang cukup lama. Kulit kapalan tentunya akan mengganggu penampilan, karena kulit akan terlihat tebal dan berwarna lebih gelap, jika dibandingkan dengan kulit yang normal.

Kapalan pada kulit biasanya terjadi karena beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan, namun sering kita abaikan. Nah, agar kulit kamu tidak kapalan, sebaiknya kamu menghindari beberapa kebiasaan buruk seperti berikut ini.


1. Tidak memakai sarung tangan saat mengendarai motor

Tidak memakai sarung tangan saat mengendarai motor merupakan salah satu faktor penyebab kapalan pada kulit tangan, mengapa? Karena saat kamu tidak memakai sarung tangan saat mengendarai motor, akan terjadi gesekan antara kulit tangan dengan stang motor secara langsung, akibatnya akan terjadi penebalan pada kulit tanganmu.

Semakin sering kamu mengendarai motor tanpa mengenakan sarung tangan, akan semakin besar juga resiko tangan kamu mengalami kapalan. Selain itu, tidak memakai sarung tangan juga bisa membuat warna kulit tangan menjadi belang lho.


2. Sering memakai sepatu yang tidak nyaman

Sering memakai sepatu yang tidak nyaman saat dikenakan, juga bisa menyebabkan kaki kapalan lho. Sepatu yang tidak nyaman saat dikenakan, biasanya terjadi karena beberapa faktor, seperti sepatu kekecilan, heels yang terlalu tinggi, bahan sepatu yang terlalu kaku dan juga keras. Nah, faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan adanya penekanan pada bagian kaki, sehingga dapat menyebabkan kapalan pada kaki.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan bantalan khusus kaki dari bahan silikon yang empuk dan juga lembut. Tak hanya akan terhindar dari kapalan, benda ini juga dapat mengurangi resiko lecet pada kaki, terutama saat memakai sepatu yang masih baru.


3. Malas memakai alas kaki di rumah

Tidak menggunakan alas kaki saat di rumah sering dianggap sepele bagi sebagian orang, karena menganggap hal tersebut merepotkan serta juga beranggapan bahwa lantai rumah sudah bersih, sehingga tidak perlu memakai alas kaki lagi. Padahal, kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan kaki kapalan lho, mengapa bisa? Karena gesekan kaki pada lantai saat kamu berjalan, dapat memicu kulit kaki menjadi kapalan.

Selain itu, tekanan berat badan yang bertumpu pada kaki, juga bisa lho menyebabkan timbulnya kapalan pada kulit telapak kaki. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan alas kaki yang berbahan lembut dan juga empuk.


4. Tidak memakai kaus kaki saat memakai sepatu

Memakai kaus kaki tidak hanya akan mencegah timbulnya bau kaki, tetapi juga bisa lho untuk menjaga kelembapan pada kulit kaki, menghindari kulit kaki belang akibat panas sinar matahari dan juga terhindar dari kaki kapalan.

Bagi sebagian orang, memakai kaus kaki hanya akan membuat gerah saja, sehingga tak jarang mereka enggan memakai kaus kaki saat mengenakan sepatu. Padahal, hal tersebut dapat memicu kaki kapalan akibat gesekan pinggiran sepatu dengan kulit kaki.

Meski begitu, kamu harus tetap selektif memilih kaus kaki yang nyaman untuk dikenakan, serta pilih yang menggunakan bahan yang lembut dan ukuran yang sesuai dengan yang biasa kamu pakai, agar nantinya tidak menimbulkan kapalan pada kaki.


5. Bermain alat musik tanpa alat pelindung jari

Seseorang yang sering bermain gitar biasanya ujung jari-jari tangannya akan mengalami kapalan, karena biasanya orang yang sudah asyik bermain gitar akan malas menggunakan alat untuk pelindung jarinya. Padahal dengan menggunakan alat pelindung jari tersebut akan membuat jari-jari tanganmu terhindar dari kapalan.

Nah, itulah ulasan singkat dari 5 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kulit kapalan, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, agar kamu dapat terhindar dari kulit kapalan.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.