Header Ads


Ini Dia 7 Manfaat Luar Biasa Dari Makan Sayur Buncis



Majalahqqhoki - Buat kamu pencinta daging, gak ada salahnya melirik sayur untuk dimakan, lho. Kebutuhan nutrisimu gak akan terpenuhi kalau kamu mengabaikan makan sayur. Buat kamu yang ingin mencoba memulai makan sayur, gak ada salahnya mencoba sayur buncis. Mirip dengan kacang panjang, sayuran ini memiliki warna hijau cerah dengan bentuk yang lebar dan memanjang.

Biasanya, buncis disajikan untuk lalapan atau dijadikan sayur yang lezat. Sayuran hijau ini memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti zat besi, kalsium, magnesium, kalium, folat, vitamin A , dan vitamin K. Lantas, apa saja manfaat buncis untuk kesehatan? Dilansir dari Harvard Medical School, berikut beberapa yang paling penting di antaranya.


1. Meningkatkan kesuburan perempuan, terutama untuk pasutri yang ingin hamil

Sayur buncis yang kaya akan zat besi bisa meningkatkan kesuburan perempuan di usia produktif. Agar tubuh bisa menyerap zat besi dengan baik, kamu perlu asupan vitamin C yang banyak, seperti dari jeruk, mangga, tomat, dan buah beri.


2. Kandungan serat dari buncis bisa menurunkan kolesterol jahat

Kita tahu bahwa kolesterol berlebih dalam tubuh berisiko meningkatkan penyakit stroke dan jantung. Konsumsi sayur buncis sendiri baik untuk kesehatanmu karena tidak mengandung kolesterol. Bahkan, kandungan buncis baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Tentunya, ini bagus untuk kesehatan jantungmu.


3. Vitamin K yang baik untuk pertumbuhan tulangmu

Buncis kaya akan vitamin K yang sangat baik untuk mengubah protein dalam tulang; membantu penyerapan kalsium; dan mengurangi ekskresi dari urine. Itu sebabnya, orang yang kekurangan vitamin K sering dihubungkan dengan risiko patah tulang.


4. Asam folat berfungsi menjaga kesehatan janin

Asam folat pada buncis baik untuk kesehatan awal janin, seperti pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang janin. Baik juga untuk mencegah anemia pada ibu hamil.


5. Ternyata, buncis juga bisa meredakan depresi

Kandungan folat pada buncis pun baik untuk mencegah kelebihan homosisteine dalam tubuh. Kelebihan homosisteine bisa berakibat buruk karena bisa menghentikan suplai darah ke otak yang berakibat terganggunya produksi dopamin, serotonin, dan norepinefrin. Padahal, hormon-hormon tersebut baik untuk mengatur suasana hati dan nafsu makan.


6. Buncis baik untuk pencernaanmu

Sayur buncis baik untuk pencernaanmu karena mengandung fermentable oligo, disakarida, monosakarida, dan poliol (FODMAP) rendah sehingga bisa dikonsumsi olah siapa pun, sekalipun pencernaanmu punya riwayat kronis.


7. Bagus juga untuk diet

Buncis bisa jadi salah satu makanan yang masuk dalam menu dietmu, karena kandungan kalori dan lemak yang rendah. Karena itu, buncis sangat baik untuk menjaga berat badan.

Itu tadi manfaat-manfaat sayur buncis yang mungkin belum kamu ketahui. Karena itu, yuk, jadikan buncis sebagai salah satu sayur yang bisa kamu santap bersama keluarga.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.