Header Ads


Ini 8 Dampak yang Akan Terjadi Bila Internet Menghilang dari Dunia!



Majalahqqhoki - Internet saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan hidup yang pantang untuk ditinggalkan. Seseorang mungkin akan berpikir untuk bisa tetap tersambung dengan koneksi internet daripada harus hidup tanpa internet.

Jika terkadang melambatnya internet saja sudah memunculkan beragam reaksi, mulai dari marah, kesal, frustrasi, hingga pasrah. Lalu, bagaimana jika internet di dunia tiba-tiba menghilang? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini prediksi dari para ahli terkait kondisi tersebut!


1. Melambatnya proses informasi dan komunikasi

Internet meruapakan sebuah jaringan yang dapat menghubungkan kita lebih cepat dengan orang lain agar dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi secara mudah. Oleh karena itu, hilangnya internet akan berdampak kembalinya proses komunikasi dan informasi ke masa sebelum ada internet. Di mana, proses tersebut memakan waktu lebih lama.


2. Kembali ke kehidupan tanpa media sosial

Tanpa terhubungnya sebuah gawai dengan internet, media sosial tidak akan mungkin dapat diakses. Sehingga, hidup tanpa internet berarti hidup tanpa media sosial.


3. Berbagai aspek kehidupan mengalami kemunduran

Selain berfungsi dalam proses komunikasi dan informasi, nyatanya internet juga digunakan oleh pemerintah untuk melaksanakan dan mengembangkan program-program yang dicanangkannya. Beberapa program tersebut, antara lain: UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), pelayanan pasien di berbagai rumah sakit, pelayanan paspor, pemesanan tiket kereta api, SIM online, dan masih banyak lagi.

Lalu, jika internet tiba-tiba menghilang, maka program-program tersebut serta fasilitas yang disediakan pemerintah tidak akan dapat terlaksana dengan baik. Bakal kacau semua nih!


4. Ketersediaan makanan terganggu

Ternyata, internet juga sangat berpengaruh bagi industri makanan, terutama di bidang retail. Hal ini dikarenakan internet berguna untuk memberikan informasi seputar stok barang yang ada di gudang dan supermarket. Selain itu, hilangnya internet juga akan berpengaruh bagi jasa pembelian dan pengiriman online.


5. Muncul berbagai macam permasalahan sosial

Hilangnya internet akan menyebabkan banyak permasalahan sosial yang muncul. Salah satunya adalah meningkatkan angka kriminalitas yang disebabkan dari banyaknya pengangguran dan orang-orang yang kelaparan.

Dengan terjadinya kondisi tersebut, orang-orang akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan mereka masing-masing untuk dapat bertahan hidup. Ngeri banget ya!


6. Terjadi krisis ekonomi global

Dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, internet kita juga berpengaruh terhadap aktivitas perbankan online dan juga kartu kredit. Selain itu, tanpa adanya internet, juga dapat membuat kebangkrutan pada beberapa bank karena kesulitan mengakses informasi serta database nasabah.

Selain bank, aktivitas pasar saham yang ada di dunia juga akan mengalami imbasnya. Pada level yang berbahaya, hilangnya internet dapat menyebabkan krisis ekonomi global, karena hampir seluruh sistem perekonomian dunia bergantung pada internet.


7. Banyak perusahaan yang bangkrut

Saat ini banyak perusahaan yang mengandalkan internet untuk mempermudah kelancaran bisnisnya. Sayangnya, ketika internet menghilang, produktivitas perusahaan justru akan terganggu. Terutama, hal ini akan berdampak buruk bagi perusahaan startup digital yang merupakan perusahaan berbasis intenet.

Tanpa adanya internet, perusahaan-perusahaan berbasis internet tersebut tidak akan dapat melangsungkan jual beli online (e-commerce) dan berakhir pada kebangkrutan. Gak kebayang banget deh!


8. Banyak terjadinya PHK

Banyaknya perusahaan yang bangkrut mengakibatkan banyaknya pula pegawai yang tiba-tiba menganggur akibat pemutusan hubungan kerja (PHK). Selain itu, jika internet benar-benar menghilang, maka para content creator, yaitu: youtuber, selebgram, selebtwit, vlogger dan blogger juga pasti akan kehilangan pekerjaannya.

8 hal tersebut bisa saja terjadi jika internet menghilang dari dunia. Akan tetapi, apakah mungkin internet bisa benar-benar menghilang dari dunia?



Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.