Header Ads


Ini 7 Penyakit yang Diakibatkan Karena Terlalu Banyak Berpikir Negatif! Waspada!



Majalahqqhoki - Saat seseorang terlalu sering berpikiran negatif terhadap suatu hal yang pernah dan baru akan terjadi, keadaan nyatanya justru akan berpengaruh bagi kesehatan. Tidak hanya membuat perasaan menjadi tidak menyenangkan saja, beberapa penilitian berikut membuktikan bahwa berpikir negatif secara konstan akan menimbulkan 7 penyakit ini.


1. Kanker

Berpikiran negatif secara konstan atau terus menerus nyatanya dapat memengaruhi komponen otak dengan cara yang tidak sehat. Kemudian, kondisi tersebut akan memicu pelepasan enzim pada tubuh yang mampu menyebabkan pertumbuhan sel kanker.


2. Hipertensi

Munculnya hipertensi atau penyakit darah tinggi, yang dipicu oleh pikiran negatif, biasanya bersumber pada tingginya tingkat stres yang dialami. Sebab, stres yang kronis dapat membuat ritme jantung tidak menentu sehingga tekanan pada aliran darah meningkat.


3. Impotensi

Berpikir negatif ternyata juga dapat membuat hormon yang berada di otak menjadi tidak seimbang. Kerusakan hormon tersebut berpengaruh pada gangguan seksual, yakni impotensi. Namun tidak hanya itu saja, pikiran negatif yang bersifat konstan bisa juga menyebabkan disfungsi ereksi dan hilangnya libido pada wanita.


4. Gangguan Mental

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa semakin banyak tekanan emosi negatif yang dirasakan, maka akan semakin besar pula risiko depresi yang dapat terjadi. Hal ini karena stres berkepanjangan akan melepaskan hormon kortisol yang mengganggu keseimbangan otak di hormon. Pada akhirnya, kondisi ini akan memicu gangguan kesehtan mental, seperti: depresi, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan.


5. Maag Kronis

Berpikiran negatif berkaitan erat dengan timbulnya masalah pencernaan. Sebab, orang yang sedang berpikiran negatif akan memicu stres dan menyebabkan asam lambung terus meningkat. Jika sudah begini, kamu akan merasakan sakit di bagian lambung dan yang terparah adalah maag kronis.


6. Obesitas

Orang-orang yang mengalami stres akibat berpikiran negatif biasanya akan mengabaikan pola makan mereka. Kebiasaan tidak memperhatikan asupan makanan ini tentu saja dapat membuat berat badan meningkat secara drastis.


7. Penyakit Jantung

Aliran darah yang meningkat ketika stres, yang terjadi akibat pikiran negatif, nyatanya juga memengaruhi kerja jantung. Sebab, jantung akan berusaha lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan mengakibatkan detak jantung berdegup lebih cepat. Jika terjadi secara terus menerus, kondisi tersebut dapat menyebabkan jantung mengalami kelainan bahkan kerusakan.

Berpikiran negatif sudah pasti akan berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi, jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama berpikiran negatif bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit berbahaya. Kalau sudah begini, masih mau berpikiran negatif?





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.