Header Ads


Ini 5 Manfaat Rebung, Si Tunas Bambu yang Mempunyari Rasa Lezat



PastiSatu - Sebagai orang Indonesia, pasti kamu cukup familiar dengan rebung. Tunas bambu yang bisa dimakan ini dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Tekstur kenyal pada rebung cocok dijadikan pendamping menu lauk pauk sehari-hari.

Fakta membuktikan bahwa rebung memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi inilah yang membuat rebung bermanfaat bagi kesehatan. Kamu dapat mengolah rebung sekaligus mengambil manfaatnya.

Apa saja sih manfaat rebung itu? Simak fakta unik tentang rebung ini.


1. Kaya akan serat yang baik untuk pencernaan

Rebung memiliki serat tingkat sedang dan tidak larut ( Non Starch Karbohidrat).

Pada setiap 100 gram rebung memiliki 2,2 gram serat. Serat inilah yang berperan penting dalam proses pencernaan. Serat pada makanan membantu dalam masalah sembelit.

Selain itu, kadar kolesterol jahat (LDL) dapat diminimalisir dengan kandungan serat ini. Penggunaan serat yang seimbang dalam kebutuhan sehari-hari menurunkan risiko kanker usus. 


2. Berperan dalam fungsi enzim dan metabolisme

Rebung memiliki vitamin B kompleks yang dibutuhkan tubuh. Tiamin, riboflavin, niasin, piridoksin dan asam pantotenat dapat ditemukan dalam rebung. Vitamin ini berperan penting dalam mengubah protein, lemak dan karbohidrat menjadi energi.

Selain itu, vitamin ini pun bermanfaat untuk menyintesis sel darah merah dan membentuk imunitas tubuh. Yuk, mulai konsumsi rebung sebagai menu yang lezat.


3. Kaya akan mineral penting yang dibutuhkan tubuh

Rebung memiliki mineral penting seperti mangan dan tembaga. Mineral-mineral ini bermanfaat untuk enzim antioksidan dan melindungi sel dari penuaan dini dan karsinogenesis.

Mangan berperan penting dalam menangkal radikal bebas, membantu metabolisme tubuh dan membantu dalam aktivasi enzim. Tembaga pun dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen dan menjaga kesehatan jantung. Khasiat luar biasa ini harus kamu dapatkan dengan mengonsumsi rebung.


4. Membantu dalam pembentukan sel darah merah

Rebung mengandung sedikit zat besi yang berguna untuk membentuk sel darah merah. Zat ini pun membantu dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, kandungan kalsium yang ada pada rebung dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Terdapat pula kandungan fosfor yang ada pada rebung meskipun dalam jumlah kecil. Mineral ini sangat penting bagi tubuh sehingga rebung baik untuk dikonsumsi sebagai makanan tambahan.


5. Melancarkan pembuluh darah dengan kandungan kaliumnya

Rebung memiliki mineral penting lain seperti kalium dan potasium. Kedua mineral ini baik untuk menjaga kelancaran pembuluh darah, kesehatan jantung, dan meminimalisir risiko stroke.

Dalam setiap 100 gram rebung mengandung 533 mg atau memenuhi 11 % kebutuhan nutrisi harian. Nutrisi baik ini layak kamu dapatkan dengan mengonsumsi rebung dan mengolahnya menjadi makanan yang nikmat.

Rebung mudah sekali ditemukan di negara kita sehingga untuk mengolahnya tidak begitu sulit. Yuk, mulai mengonsumsi rebung sebagai makanan yang lezat dan dapatkan manfaat sehatnya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.