Header Ads


Ini 5 Manfaat Rumput Laut Dulse, Si Merah yang Kaya Akan Serat




PastiSatu - Dulse merupakan salah satu rumput laut yang tumbuh di perairan Samudera Atlantik dan Pasifik. Ganggang merah ini dikenal dengan nama ilmiah Palmaria Palmata. Rasanya yang mirip bacon disebut sebagai superfood yang kini banyak diminati.

Ternyata dulse memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain kaya akan serat, rumput laut ini pun mengandung campuran mineral yang baik untuk kesehatan. Mengolahnya menjadi makanan yang lezat layak kamu coba.


1. Memelihara kesehatan tulang

Dulse kaya akan mineral penting seperti kalsium, magnesium dan zat besi. Mineral ini digunakan tubuh untuk kepadatan tulang. Mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral membantu menjaga kekuatan persendian sehingga membantu kekuatan tulangmu hingga usia tua. Mengolah dulse menjadi makanan sehat layak kamu coba agar terhindar dari penyakit osteoporosis.


2. Menurunkan tekanan darah

Dulse mengandung cukup kalium yang baik untuk menormalkan tekanan darah. Fungsi kalium sebagai vasodilator yang dapat mengurangi kerusakan pembuluh darah dan arteri akibat tekanan darah tinggi. Penyakit berbahaya seperti aterosklerosis, penyakit jantung koroner, stroke hingga serangan jantung dapat kamu cegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium. Dulse kering ataupun basah dapat kamu jadikan makanan yang memenuhi kebutuhan kaliummu.


3. Memelihara kesehatan mata

Selain mineral, dulse mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Mengolah dulse menjadi makanan lezat merupakan solusi ideal untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A pada dulse mencegah radikal bebas dari kerusakan jaringan mata. Antioksidan ini mencegah degenarasi makula yang memperburuk kesehatan mata. Zat ini juga dapat memperlambat perkembangan katarak.


4. Mencegah gangguan tiroid

Sebagian besar Rumput laut terkenal dengan kandungan yodiumnya yang tinggi. Dulse memiliki kandungan yodium yang baik pula untuk tubuh. Yodium pada dulse dapat mencegah gangguan tiroid. Zat ini membantu kelenjar tiroid agar tetap normal. Interaksi hormonal dapat diatur sehingga tidak berdampak pada perubahan kelenjar tiroid. Mengolah dulse menjadi makanan lezat akan memenuhi kebutuhan yodium sehari-hari.


5. Mengatur proses pencernaan

Dulse yang kaya akan serat dapat membantu dalam proses pencernaan. Untuk penderita sembelit dan diare, mengonsumsi dulse akan membantu dalam mengatasi penyakit ini. Serat ini merangsang gerakan peristaltik yang baik untuk sistem pencernaan. Gejala yang disebabkan oleh gangguan pencernaan seperti kram perut dan kembung dapat dicegah juga dengan mengonsumsi rumput laut ini.

Manfaat-manfaat luar biasa ini dapat kamu rasakan dengan mengonsumsi rumput laut dulse pada menu makananmu. Pola makan sehat dan makanan yang bergizi tinggi membantu dalam menjaga kesehatanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.