Header Ads


Isu Menteri Arcandra Berpaspor AS, Imigrasi: RI Tak Punya Kebijakan Paspor Ganda

Isu Menteri Arcandra Berpaspor AS, Imigrasi: RI Tak Punya Kebijakan Paspor Ganda

Nasional, Jakarta - Isu paspor ganda menyambar Menteri ESDM Arcandra Tahar. Ramai dibahas di media sosial dan lewat pesan berantai kalau Arcandra juga memegang paspor Amerika Serikat (AS). Arcandra sendiri saat ditanya hanya berucap bila dirinya berasal dari Padang.

Sedang staf khusus Archandra, Yuni Rusdinar menyebut pada saatnya akan ada penjelasan yang diberikan.

Saat mencoba mengkonfirmasi mengenai paspor Arcandra ini ke Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie. Pihak Imigrasi masih melakukan pengecekan.

Ronny juga menjelaskan, Indonesia tidak menganut dwi kewarganegaraan. Seseorang tidak boleh memegang dua paspor, harus memilih.

"Kalau kita tahu dia punya dua paspor, kita akan tanya, dia memilih yang mana. Kalau dia memilih warga negara lain, maka paspor Indonesianya kami ambil," ujar Ronny, Sabtu (13/8/2016).

Saat ditanya bagaimana status kewarganegaraan seseorang jika terbukti memakai paspor ganda, Ronny pun menjawab.

"Itu kan undang-undang. Yang saya bicarakan ini bukan warga negara, ini soal paspor. Kan kewenangan saya hanya paspor, urusan kewarganegaraan itu Dirjen AHU. Itu beda," tuturnya.

Lebih jauh, Ronny mengatakan, kepemilikan paspor ganda merupakan masalah etika, tidak ada pelanggaran pidananya. "Kecuali, dia memalsukan data, baru pidananaya pemalsuan data untuk pembuatan paspor," tutupnya.

(hen)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.