Header Ads


Dua Pengemis Pura-pura Buta di Cakung, 4 Hari Dapat Rp 1,2 Juta

Ilustrasi pengemis.


NASIONAL, AGEN SAKONG ONLINE -  Petugas Pelayanan Pengawasan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Timur menciduk dua orang pengemis dengan modus berpura-pura buta yang tengah beroperasi di Cakung, Jakarta Timur, Senin (18/9/2017).

"Saat kami sedang melakukan pengawasan di Cakung, kami melihat ada dua orang pengemis tuna netra yang lagi beroperasi," ungkap Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Timur Haryanto dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (19/9/2017).

Dua pengemis itu, lanjut Haryanto, memiliki tugas masing-masing untuk mengelabui warga. Satu orang berpura-pura buta dan satu orang lagi menuntun temannya yang pura-pura buta itu.

Modus seperti ini diakui Haryanto sudah banyak dilakukan oleh pengemis untuk mendapat iba dari warga. Kedua pengemis palsu tersebut pun sudah meraup cukup banyak uang dari aksinya itu.

"Mereka baru empat hari di Jakarta sudah dapat Rp 1,2 juta. Mereka dari Brebes. Tinggal berpindah-pindah di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur," jelas Haryanto.

Haryanto kemudian mengimbau agar masyarakat tidak mudah tertipu dengan modus-modus yang digunakan untuk meminta-minta.

Jika ingin berbagi, maka warga bisa menyalurkannya ke lembaga-lembaga resmi yang terpercaya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.