Header Ads


Klarifikasi Mahar Politik, Bawaslu Jatim Panggil La Nyalla Siang Ini

Klarifikasi Mahar Politik, Bawaslu Jatim Panggil La Nyalla Siang Ini

MajalahQQHOKI.com, Jakarta -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur, Senin (15/1/2018) siang menjadwalkan pemanggilan La Nyalla Matalitti untuk diklarifikasi terkait kabar mahar politik.

Klarifikasi kepada mantan Ketua PSSI itu akan dilakukan di kantor Bawaslu Jawa Timur, Jalan Tanggulangin, Surabaya.


Klarifikasi itu, sambung Ketua Bawaslu Jatim, Muhammad Amin dimaksudkan agar isu mahar politik tidak terus berkembang liar tanpa arah. "Jika isu mahar politik itu terus berkembang, berpotensi mengancam kredibilitas Pilkada 2018," tuturnya.

Bawaslu mengaku akan mendukung upaya membongkar praktik mahar politik jika itu memang terbukti. "Jika ada bukti kami pasti menindaklanjuti, dan kami juga meminta Pak Nyalla melaporkan kepada penegak hukum," ucapnya.

Karena itu pihaknya berharap, La Nyalla membawa bukti tentang adanya dugaan praktik mahar politik oleh salah satu partai besar yang dialaminya. "Kami berharap Pak La Nyalla juga mengumpulkan bukti dugaan mahar politik," jelasnya.

Sebelumnya dikabarkan, La Nyalla memutuskan untuk tidak lagi menjadi kader Partai Gerindra. La Nyalla mencurahkan kekesalannya kepada Prabowo Subianto yang meminta uang Rp 40 miliar.

La Nyalla tak memenuhinya, Prabowo kemudian disebut marah dan membatalkan pencalonan Nyalla. La Nyalla mendapatkan surat mandat dari Prabowo pada 11 Desember lalu. Surat mandat tersebut berlaku 10 hari dan berakhir pada 20 Desember.

Dalam surat nomor 12-0036/B/DPP- GERINDRA/ Pilkada/2017 itu dijelaskan, La Nyalla sebagai cagub Jatim sedang diproses DPP Partai Gerindra. Karena itu, selain diminta mencari mitra koalisi, La Nyalla juga diminta untuk menyiapkan kelengkapan pemenangan.


Salah satu kelengkapan pemenangan, ucap La Nyalla, ia sempat diminta uang Rp 40 miliar oleh Prabowo. Uang itu digunakan untuk saksi dalam Pilkada Jatim.

Permintaan itu dilakukan saat La Nyalla melangsungkan pertemuan dengan Prabowo di Hambalang, Bogor, Sabtu (10/12/2017), bertepatan dengan Gerindra mengumumkan Mayjen (Purn) Sudrajat sebagai calon gubernur Jawa Barat.


– Dikutip dari http://regional.kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.