Header Ads


Pernah Mual Tanpa Sebab yang Jelas? Mungkin Dikarenakan Hal Ini



Rasa mual sering terjadi pada kita. Hal itu bisa dikarenakan oleh berbagai hal. Mulai dari keracunan makanan, makan terlalu banyak, ketidakcocokan terhadap makanan, kehamilan ataupun lain sebagainya.

Namun ada juga alasan-alasan lain yang bahkan kita sendiri tidak pahami dan lebih parahnya lagi tidak terdeteksi. Berikut adalah beberapa alasan dari sekian banyak alasan lain yang menjelaskan mengapa anda mual :


1. Stres berat dan depresi

Stres yang berat dan berlangsung dalam waktu yang lama dapat menjadi alasan kenapa seseorang mual. Stres disini yang dimaksud adalah tekanan dimana itu tak hanya berlaku untuk kondisi mental, namun sekaligus kegiatan fisik, seperti olahraga, yoga, dan terapi. Rasa mual yang terjadi mengindikasikan tekanan yang terlalu kuat untuk tubuh anda dan sebagai dampaknya tubuh anda merasa perlu mengeluarkan sesuatu dari dalam tubuh.


2. Mengonsumsi obat yang salah

Sebagian orang memang memiliki alergi terhadap suatu obat-obatan tertentu. Mengonsumsi obat-obatan itu dapat membuat reaksi kaget dan penolakan terhadap tubuh kita seketika itu juga harus mengeluarkannya karena tubuh merasa obat itu berbahaya.

Dan hal tersebutlah yang menimbulkan rasa mual. Hal ini juga berlaku untuk obat-obatan yang sudah kadarluarsa dan tidak cocok bagi tubuh kita.


3. Migrain

Migrain ini adalah penyebab paling utama kenapa anda sering merasa mual. Bagi yang tidak pernah merasakannya, pasti tidak akan paham bagaimana bisa migrain berhubungan dengan rasa mual, namun memang demikian yang terjadi.

Rasa cenat-cenut di kepala serasa dipukul terus-terusanlah yang menyebabkan rasa mual itu terjadi. Akan tetapi dokter masih belum bisa secara jelas menjelaskan mengapa beberapa orang mengalami migrain.


4. Sindrom kongesti panggul

Permasalahan ini jarang terdiagnosa oleh para ahli. Penyebab utama dari kasus ini adalah kurangnya pembuluh darah di area panggul.

Hal ini sering terjadi khususnya pada kaum wanita di mana 30 persen wanita pasti menderitta kasus ini dan rasa sakitnya tak tertahankan hingga membuat sang penderita tak bisa berdiri. Yang menyebabkan tak lebih adalah menstruasi, teerlalu lama berdiri, dan masa-masa akhir kehamilan.


5. Batu empedu

Baru empedu adalah kondisi yang sangat jarang terjadi. Batuan kecil yang berasal dari kolesterol ini umumnya secara lancar ikut terbawa kedalam pencernaan, namun untuk sebuah kasus batu ini menyumbat bagian ujung empedu hingga memicu rasa sakit mendadak yang hebat. Rasa sakit di seutar pusar inilah yang membuat seseorang merasa mual.


Jika mual anda terus berkelanjutan, itu bisa jadiadalah indikasi adanya penyakit yang berbahaya. Coba periksakan ke dokter dan mintalah resep dari dokter untuk mengurangi kemualan tersebut. Jika hal tersebut belum juga terselesaikan, langsung lakukan pengecekan medis yang lebih mendalam.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.