Header Ads


Anda Sering Merasa Kesemutan? Konsumsi 10 Makanan Ini Untuk Meredakannya



Kesemutan terjadi pada saat peredaran darah dalam tubuh tidak lancar, adanya penekanan syaraf, kekurangan kalsium, kurang mengonsumsi vitamin B komplek, dehidrasi, diabetes, dan indikasi penyakit persarafan.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa ada hubungan antara makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan sistem persarafan. Hubungan tersebut dapat bersifat negatif ataupun positif. Memilih makanan tepat merupakan salah satu langkah pencegahan penyakit. Jadi bagi anda yang sering merasa kesemutan, makanan yang tepat akan mampu mengurangi gejala kesemutan.

Menurut hasil riset Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks seperti B1, B6, dan B12 terbukti mampu mengurangi rasa kesemutan.

Namun, mengonsumsi makanan dengan vitamin B komplek saja tidak cukup, tubuh memerlukan asupan nutrisi lain. Berikut adalah beberapa makanan yang mampu mengurangi kesemutan :


1. Salmon

Ikan salmon sangat terkenal dengan omega 3nya. Selain bagus untuk kesehatan anak, ikan salmon juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk anda yang sering mengalami kesemutan. Kandungan vitamin B12 dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf.


2. Ikan mackarel

Selain kandungan vitamin B12 dan D, ikan mackarel ternyata memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang cukup tinggi. Satu porsi ikan macharel dalam sehari menjadi pilihan asupan vitamin B12. Mackarel juga merupakan komoditas ikan yang memiliki nilai komersial sedang.


3. Kacang tanah

Kacang tanah memiliki kandungan vitamin B1, protein, magnesium, kalsium, vitamin E, A, dan K. Dilihat dari kandungannya kacang tanah dapat menjadi makanan yang bisa dipilih untuk mengurangi kesemutan.

Kacang tanah juga memiliki kadar gula yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Menyajikan kacang tanah dengan dipanggang atau direbus lebih dianjurkan.


4. Kedelai

Kacang kedelai dipercaya mampu mengurangi kesemutan. Selain protein nabati, kedelai memiliki kandungan vitamin B6, dan magnesium yang berpengaruh pada kesemutan. Kedelai sangat mudah ditemukan di Indonesia, jadi mengonsumsi kedelai bisa menjadi pilihan anda untuk mengurangi rasa kesemutan.


5. Oatmeal

Oatmeal menjadi pilihan menu untuk sarapan bagi sebagian orang. Selain cocok untuk yang menjalankan program diet, oatmeal juga diketahui memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah oatmeal memiliki kandungan vitamin B6 dan magnesium yang dibutuhkan dalam mengurangi gejala kesemutan.


6. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan thiamin, magnesium, dan asam folat. Ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan sel darah merah. Contoh sayuran hijau yang sangat dianjurkan adalah sayur bayam.


7. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium bermanfaat untuk kesehatan otot dan juga tulang. Selain itu alpukat juga memiliki kandungan vitamin B6, yang dipercaya mampu mengurangi masalah kesemutan.


8. Pisang

Pisang merupakan makanan yang kaya akan kalium, dan vitamin B6. Kalium berperan penting untuk sel, jaringan, dan organ tubuh. Selain itu, kalium merupakan elektrolit dalam tubuh yang diperlukan saat dehidrasi.


9. Susu

Susu merupakan minuman yang sangat populer. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu selalu indentik dengan pertumbuhan tulang. Kalsium dan vitamin B6 dalam susu ternyata juga dapat mengurangi gejala kesemutan.


10. Yogurt

Yogurt merupakan minuman olahan susu yang banyak manfaatnya, mulai dari menyehatkan jantung sampau kesemutan. Hal ini karena kandungan vitamin B6, dan magnesiumnya mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Yogurt rendah lemak merupakan yogurt terbaik untuk dikonsumsi.


Selain mengonsumsi makanan diatas, anda tentunya harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan kesemutan. Makanan yang mengandung lemak jenuh, gula, dan gelatin terbukti bisa menyebabkan kesemutan.




Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.