Header Ads


5 Hal yang Dipercaya Tentang Kolesterol Ternyata Hanya Mitos



Majalahqqhoki - Mungkin kamu merasa kamu sudah mengetahui segalanya tentang kolesterol, tanpa sadar kalau apa yang kamu ketahui ternyata adalah sebuah kebohongan. Cek 5 mitos yang paling sering dipercaya di bawah ini, jangan-jangan ternyata kamu percaya semuanya.


1. Kolesterol selalu bersifat jahat

Ketika kebanyakan orang mendengar "kolesterol" mereka berpikir langsung berpikir kalau itu buruk. Padahal kenyataannya lebih kompleks. Kolesterol tinggi bisa berbahaya, tetapi kolesterol itu sendiri sangat penting untuk berbagai proses tubuh.

Peran kolesterol dalam penyakit jantung sering disalahpahami. Kolesterol dibawa melalui aliran darah oleh low-density dan high-density lipoproteins (LDL dan HDL). LDL, yang dikenal sebagai kolesterol jahat, mengakibatkan aterosklerosis.


2. Anak-anak tidak bisa menderita kolesterol yang tinggi

Penelitian telah menunjukkan bahwa atherosclerosis — penyempitan arteri yang mengarah pada serangan jantung — dapat dimulai dari usia delapan tahun. American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk anak-anak yang kelebihan berat badan, memiliki hipertensi, atau memiliki riwayat keluarga penyakit jantung untuk diuji kolesterolnya, bahkan saat mereka berumur dua tahun. 


3. Telur itu jahat

Memang benar kalau telur memiliki kandungan kolesterodi atas 200 mg, yang lebih dari dua pertiga dari batas yang direkomendasikan American Heart Association yaitu 300 mg sehari. Tapi kolesterol dalam telur tidak sama berbahayanya seperti yang diduga. Hanya beberapa kolesterol yang terkandung dalam makanan berakhir sebagai kolesterol dalam aliran darahmu.

Jika asupan kolesterolmu naik, tubuhmu mengimbanginya dengan memproduksi lebih sedikit kolesterolnya sendiri. Kalau kamu tetap ingin makan telur sambil menjaga level kolesterolmu, makan telur satu atau dua kali seminggu tidaklah berbahaya. Faktanya, telur adalah sumber protein yang sangat baik dan mengandung lemak tidak jenuh yang adalah lemak baik.


4. Kolesterol yang tinggi menyebabkan penyakit jantung koroner

Tidak ada hubungan yang terbukti antara kolesterol dan penyakit jantung koroner. Banyak penelitian telah dilakukan mengenai hubungan antara kolesterol dan penyakit jantung koroner ini namun tidak ada yang benar-benar terbukti berhubungan. Kalau kamu memiliki kolesterol dan juga memiliki penyakit jantung koroner, berarti hal itu disebabkan oleh masalah lain dan sama sekali tidak berhubungan.


5. Makanan sehat kalau sudah tertulis "0mg Kolesterol'' di labelnya

Bagian yang menuliskan tentang kolesterol di label nutrisi mengacu pada dietary cholesterol, salah satu kandungan yang bisa kamu temukan di makanan yang bisa menaikkan level kolesterolmu. Hal itu juga salah satu yang sering dikatakan sebagai penyebab paling tidak signifikan.

Lemak jenuh (ditemukan dalam makanan hewani dan produk susu) dan lemak trans (ditemukan dalam makanan kemasan) tampaknya memiliki dampak yang jauh lebih besar pada level kolesterol jahatmu. Itu akan menyebabkan aterosklerosis dibandingkan dietary cholesterol.

Nah, sekarang jangan salah paham lagi ya? Ada lho yang dinamakan kolesterol baikdan tidak semua jenis kolesterol harus kamu takutkan.







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.