Header Ads


Hindari 6 Kebiasaan Ini! Karena Dapat Membuat Metabolisme Melambat




Majalahqqhoki - Kita sering memfokuskan diri ke cara membakar kalori lewat berbagai olahraga dan seringkali lupa kalau tubuh kita sebenarnya bisa membakar kalori sendiri. Setiap sel kecil dalam tubuhmu memainkan peran tertentu ketika menyangkut metabolismemu. Semakin cepat metabolismemu, semakin banyak kalori yang dibakar tubuhmu.

Ada kebiasaan-kebiasaan yang tanpa sadar kamu sering lakukan dan ternyata membuat metabolismemu melambat. Metabolisme yang lambat sama dengan pembakaran kalori yang lama dan artinya berat badanmu akan meningkat!


1. Kurang tidur

Tidak mengherankan kalau orang yang tidak cukup tidur tidak memiliki banyak energi, hal itu yang berarti mereka akan menggunakan lebih sedikit kalori sepanjang hari. Semakin sedikit kalori yang kamu gunakan maka semakin sedikit kalori yang terbakar.

Solusinya, meskipun tidak selalu semudah itu, temukan cara untuk mendapatkan tidur yang cukup. Kamu bisa juga mencoba menggunakan aplikasi khusus yang membantu jadwal tidurmu bisa lebih teratur atau coba juga minum teh herbal sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidurmu.


2. Tidak cukup makan

Kalau kamu terlalu mengurangi asupan kalorimu, tubuhmu akan masuk ke mode kelaparan dan memperlambat laju metabolisme. Memperhatikan asupan kalorimu sangat penting kalau kamu ingin menurunkan berat badan. Kamu tidak boleh benar-benar menghilangkan seluruh kalori yang biasanya kamu konsumsi menjadi benar-benar 0, karena metabolisme tubuhmu akan melambat.


3. Jadwal makan yang berantakan

Studi menunjukkan kalau jadwal makan yang berantakan bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Tubuhmu jadi tidak tahu kapan ia mendapat kesempatan untuk mendapatkan lebih makanan dan mencoba untuk memperlambat semuanya untuk berjaga-jaga.

Solusinya, milikilah jam makan yang pasti. Jangan sering mengabaikan jam makan agar tubuhmu jadi tahu kalau ia akan mendapat asupan makanan yang pasti dan tidak mencoba memperlambat metabolismenya.


4. Tidak mendapat asupan kalsium yang cukup

Mendapatkan cukup kalsium sangat penting untuk mengatur metabolisme tubuhmu. Kalau kamu tidak suka susu atau kamu menderita lactose intolerant, tidak masalah kok. Ada banyak makanan yang kaya kalsium lainnya dan kamu pasti bisa menemukan sesuatu yang kamu sukai.


5. Dehidrasi

Setiap proses dalam tubuh kita bergantung pada air. Jadi kalau kamu mengalami dehidrasi, tidak ada yang bisa berfungsi dengan baik, termasuk metabolismemu. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum air putih (sekitar 500ml) bisa meningkatkan tingkat metabolismemu hingga 30 persen.


6. Duduk terlalu lama

Kalau kamu menghabiskan sebagian besar harimu di belakang meja kerja, kamu harus menyadari bahwa duduk untuk waktu yang lama bisa mempengaruhi metabolismemu. Banyak penelitian telah membuktikan hal ini dan banyak perusahaan sekarang mendorong staf mereka untuk melakukan beberapa peregangan dan gerakan sederhana setiap 30 menit sekali.

Kalau kamu merasa kamu tidak makan banyak namun berat badanmu bertambah, bisa jadi hal itu karena metabolisme tubuhmu yang melambat. Cek 6 kebiasaan di atas, jangan-jangan ada yang tanpa sadar sering kamu lakukan.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.