Header Ads


Merasakan 7 Tanda ini? Kemungkinan Anda Kekurangan Kalsium!



Kalsium adalah mineral penting yang paling dikenal dalam tubuh karena peran pentingnya dalam kesehatan tulang. Tubuh kita juga membutuhkannya untuk menstabilkan tekanan darah, mengatur sekresi hormon, dan memberikan sinyal saraf dengan benar. Ketika kamu tidak mendapatkan cukup kalsium, kamu bisa menderita kondisi khusus kekurangan kalsium, yang bisa diidentifikasi oleh beberapa gejala tertentu. Berikut adalah sebagian tanda bahwa anda kemungkinan kekurangan kalsium :


1. Kelelahan

Ketidakcukupan kalsium dalam tubuhmu mempengaruhi kesehatan fisikmu secara keseluruhan. Jadi kalau kamu mengalami kelelahan ekstrim, lesu, kurang energi, atau merasa sangat cepat capek, kurangi mencoba mengatasinya dengan meminum minuman energi. Cobalah berkonsentrasi untuk menyeimbangkan dietmu dengan menambah kalsium dalam makananmu


2. Kesulitan menelan

Meskipun kedengarannya agak mengejutkan, kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan disfagia - atau kesulitan menelan. Perasaan sesak ini disebabkan oleh kontraksi yang buruk pada otot-otot di tenggorokanmu. Dalam kasus yang parah, kekurangan kalsium bahkan bisa menyebabkan kejang di laring dan perubahan suara yang tidak biasa.


3. Kulit kering

Hipokalsemia atau kekurangan kalsium dalam tubuhmu bisa terlihat pada kulitmu. Kondisi ini biasanya membuat kulitmu tampak bersisik dan kering. Juga telah ditemukan bahwa kekurangan kalsium memiliki kaitan erat dengan perkembangan masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.


4. Kuku yang rapuh

Seperti tulangmu, kukumu juga membutuhkan sejumlah kalsium untuk menjaga dirinya tetap kuat. Jadi ketika kamu menderita kekurangan kalsium, kukumu menjadi terlalu kering, lemas dan mudah terkelupas dan pecah. Kuku yang rapuh tidak cukup tebal sehingga sering kali patah saat aktivitas sehari-hari yang paling sederhana sekalipun.


5. Sering sakit

Kalsium memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat karena membantu tubuhmu melawan virus dan bakteri. Kekurangan kalsium mengurangi daya tahan tubuhmu terhadap serangan patogen dan sebagai hasilnya, kamu akan jatuh sakit, terserang flu, batuk, dan bersin lebih sering.


6. Sakit gigi

Sebagian besar kalsium dalam tubuhmu disimpan di tulang dan gigimu, sehingga biasanya mereka yang pertama menderita saat tubuhmu kekurangan kalsium. Karena kurangnya unsur vital ini, gigimu mungkin mulai menguning, membusuk dan sakit. Selain itu, risiko kamu menderita penyakit periodontal juga bisa meningkat.


7. Parestesia

Parestesia termasuk dalam sekelompok gejala neurologis yang berkaitan dengan defisiensi kalsium yang parah. Kamu mungkin mengalami kesemutan dan mati rasa di sekitar mulut atau di jari-jari tangan dan kaki, tremor otot, gangguan sentuhan dan bahkan memori serta halusinasi yang buruk.

Setiap orang dewasa harus mengonsumsi sekitar 1.000 mg kalsium per hari. Untuk mempertahankan asupan kalsium yang tepat, kamu harus menambahkan sayuran hijau seperti kale, brokoli, lobak hijau, dan sayuran ke dalam makananmu. Penting juga untuk mengonsumsi lebih banyak ikan berlemak (salmon, sarden, mackerel, dan tuna), keju, susu, kacang kedelai, kacang almond, dan biji wijen.

Untuk membantu tubuhmu menyerap kalsium dengan lebih baik, kamu juga harus meningkatkan asupan vitamin D. Vitamin ini ditemukan dalam kuning telur, tiram, udang, jamur dan beberapa makanan lainnya seperti sereal, oatmeal, dan jus jeruk.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.