Header Ads


7 Manfaat Lemon Segar, yang Mungkin Anda Belum Tahu.



Majalahqqhoki - Di antara banyaknya varian jeruk, lemon merupakan salah satu yang cukup spesial. Buah berwarna kuning cerah itu mengandung 51 persen vitamin C dengan rasa asam yang menyegarkan. Tak hanya untuk kecantikan, sebenarnya lemon mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari lho. Seperti beberapa berikut ini:


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bukan tanpa alasan ada banyak olahan lemon yang digadang-gadang sebagai minuman kesehatan. Menurut The World's Healthiest Foods, vitamin C membantu mencegah infeksi penyakit ke tubuh. Di saat kamu mengonsumsi lemon dalam jumlah normal, efeknya dapat menyehatkan tubuhmu.


2. Melancarkan pencernaan

Air lemon hangat sangat baik dalam membersihkan liver. Kandungan dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut, membantu buang air besar secara teratur. Hal ini seperti pemurni darah, sehingga air lemon hangat baik diminum setelah makan siang atau makan malam. 


3. Merawat kesehatan mulut

Bermanfaat pula untuk kesehatan area mulut, seperti perawatan gigi dan membuat nafas segar. Dengan mencampurkan jus lemon dan baking soda, kamu bisa menggunakannya sebagai cairan pemutih gigi. Untuk membuat nafas segar, kamu cukup berkumur menggunakan air lemon.

Meski begitu, perlu diingat, jangan teralu sering menggunakannya untuk hal tersebut. Kandungan asam pada perasan lemon bisa berpotensi merusak email gigi.


4. Mengatasi berbagai penyakit

Tak hanya air mineral, lemon juga sangat pas dipadukan dengan teh. Teh beraroma lemon ini dipercaya dapat membuat suasana hatimu lebih tenang. Selain itu, minum teh lemon dipercaya sangat berkhasiat bagi tubuh. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya seperti tenggorokan lebih sehat, mengobati asma, serta meredakan batuk dan pilek.


5. Menambahkan rasa saat memasak

Hampir seluruh bagian lemon dapat kamu manfaatkan. Bahkan dengan sedikit parutan kulit lemon saja, kamu bisa memperkaya rasa dan aroma masakan. Untuk mendapatkan parutan terbaik, pilihlah lemon dengan kulit yang kasar dan tebal.


6. Menghilangkan bau tangan

Lemon yang mempunyai aroma tajam sangat baik untuk menghilangkan bau yang menyengat. Maka dari itu, lemon sangat bagus untuk membersihkan tanganmu selepas makan atau masak.

Tak hanya itu, lemon juga bisa mengatasi kulit kering. Gosokkan potongan lemon pada kulit kering, lalu biarkan hingga meresap ke kulit tanpa perlu dibilas.


7. Membersihkan talenan kayu

Talenan kayu merupakan alat masak yang cukup merepotkan saat dibersihkan. Seringkali dibersihkan dengan sabun dapat berdampak menyimpan bakteri-bakteri. Hal ini bisa mengontaminasi bahan masakan saat kamu gunakan kembali.

Agar lebih aman, kamu bisa menggunakan lemon dan garam untuk menggosok talenan. Fungsinya sebagai desinfeksi, mikroorganisme penyebab penyakit pada talenan bisa dihilangkan

Nah, itulah tujuh manfaat lemon yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, mana manfaat lemon yang sudah kamu rasakan?






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.