Header Ads


Jaga Kualitas Pendengaranmu Dengan 6 Cara ini!




Majalahqqhoki - Semakin orang bertambah dewasa, seringkali mereka tanpa sadar lebih sering mendengarkan musik dengan headphone dengan volume yang lebih keras, atau mereka kesulitan mendengarkan dan lebih sering meminta orang di sekitar untuk mengulang apa yang dikatakan. Ada 2 penyebab umum yang menyebabkan orang kehilangan pendengaran mereka dari waktu ke waktu: usia dan kebisingan.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel rambut kecil di telinga bagian dalammu mulai rusak dan tidak mampu mengambil getaran suara tertentu sebagaimana biasanya. Selain itu, suara keras yang berlebihan bisa merusak sel-sel rambut di dalam telinga yang menyebabkan kehilangan pendengaran dini. 

Kabar baiknya adalah ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari gangguan pendengaran dini ini. Cek beberapa informasi dan tips untuk membantu menjaga telingamu tetap tajam dan kualitasnya awet muda.


1. Rajin Membersihkan Telinga

Terkadang serpihan atau kotoran telinga bisa menghalangi saluran telinga bagianluar. Ini adalah penyebab umum kehilangan pendengaran. Secara umum, kotoran telinga memiliki sifat antibakteri pelindung dan relatif sehat kalau kamu memilikinya dalam jumlah kecil.


Sebagian besar saluran telinga sebenarnya bisa membersihkan diri sendiri. Namun dalam beberapa kasus, kotoran telinga yang ada terlalu banyak dan menyumbat sehingga menyebabkan kehilangan pendengaran parsial.


2.Hindari Suara yang Terlalu Keras

Cara terbaik untuk mencegah dan memperbaiki gangguan pendengaran adalah menghindari suara keras sebanyak mungkin. Kamu mungkin bingung, seberapa keras sih yang disebut terlalu keras? Bagi sebagian orang, kenyaringan suara bisa bersifat subjektif tetapi ada banyak cara yang obyektif untuk menggambarkannya supaya dimengerti oleh semua orang.

Secara umum, suara bisa dikatakan terlalu keras kalau kamu perlu menaikkan suara untuk berbicara dengan orang lain. Kamu juga sulit mendengar apa yang dikatakan oleh orang sekitarmu. Paling parah adalah telingamu sampai terasa sakit karena suara yang terlalu keras itu.


Satu-satunya cara untuk mengukur tingkat kebisingan adalah dalam desibel (dB). Semakin tinggi angkanya, semakin keras bunyinya. Suara yang telah terukur lebih dari 85 dB dapat merusak telingamu terutama kalau kamu terpapar untuk jangka waktu yang lama. Untuk mengukur desibel dengan mudah, kamu bisa memakai aplikasi-aplikasi yang tersedia di smartphone.


3. Bijaklah Dalam Memakai Headphone

Memutar musik keras melalui headphone atau earphonemu bisa menjadi salah satu hal paling berbahaya yang bisa kamu lakukan untuk kesehatan pendengaranmu. Ini dikarenakan saat kamu memakai headphone atau earphone, kamu juga berusaha untuk menghilangkan suara eksternal yang membuatmu kerap menaikkan volume.


4. Mengubah Pola Makan

Ubah pola makanmu dengan memakan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik dan fungsi telinga normal. Pastikan bahwa makananmu rendah lemak jenuh hewani dan karbohidrat olahan.


Makanan berlemak bisa mengurangi suplai darah ke telinga dan bagian lain dari tubuh karena adanya penumpukkan kolesterol. Cobalah makan ikan salmon, kacang, biji-bijian, sayuran segar dan buah-buahan dalam makananmu.


5. Berlatih Kardio

Tingkatkan pendengaranmu dengan olahraga. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa dengan meningkatnya tingkat kesehatan kardiovaskular, terjadi peningkatan tingkat sensitivitas pendengaran. Ada hubungan antara sistem kardiovaskular dan kemampuan fungsional organ dan jaringan di telinga bagian dalam.


Dengan berolahraga, kamu meningkatkan sirkulasi darah yang berjalan ke tulang telinga dan ototmu. Ketika aliran darah difasilitasi melalui berolahraga, nutrisi seperti antioksidan dan protein akan berjalan di seluruh sistem tubuhmu dan meningkatkan pendengaranmu.


6. Yoga

Yoga secara luas dipraktekkan karena berbagai manfaat kesehatannya. Untungnya, ada beberapa latihan yoga yang bisa membantu pendengaranmu juga.


Tujuan utama dari latihan yoga ini adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah di telingamu dan kemudian di otakmu. Meningkatkan sirkulasi membantu meningkatkan fungsi saraf dan menghilangkan kotoran dan racun. 


Kalau kamu memang merasa pendengaranmu perlahan berkurang, jangan takut untuk memeriksakannya ke dokter karena itu bisa berarti disebabkan oleh penyakit lain. Namun tetap yang penting adalah kamu harus mengecilkan volume headphonemu setiap kali kamu mendengarkan musik.






Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.