Header Ads


Waspada! 5 Jenis Kanker Yang Rentan Dialami Oleh Wanita



Majalahqqhoki - Ada banyak faktor penyebab kanker. Beberapa di antaranya karena pola makan, berat tubuh yang berlebih, kurang nutrisi, konsumsi berlebihan rokok dan alkohol serta kurangnya aktivitas fisik.

Buat para wanita, kamu perlu waspada akan bahaya kanker. Dilansir dari Internasional Agency of Research on Cancer (IARC) pada 2014, ada 5 kanker yang kerapkali menyerang wanita Indonesia. Berikut di antaranya :


1. Kanker payudara

Kanker payudara muncul karena munculnya sel-sel kanker di jaringan payudara. Itu meliputi kelenjar susu, saluran payudara, lemak dan jaringan ikat.

Kanker payudara terjadi akibat kelainan genetik, hormon dan gaya hidup yang buruk. Menurut data dari IARC, terdapat 49,9 persen kasus pada 2014 dan tingkat kematiannya mencapai 21,4 persen. 


2. Kanker serviks atau kanker leher rahim

Kanker serviks gak hanya mengancam para wanita di Indonesia, tapi juga di dunia. Menurut data dari World Health Organization (WHO), kanker serviks adalah kanker di peringkat kedua yang sering menyerang wanita Indonesia, sementara jadi peringkat keempat di dunia. Sebanyak 10,3 persen wanita Indonesia meninggal akibat kanker serviks. 


3. Kanker ovarium

Berikutnya, ada kanker ovarium yang kasusnya meningkat sebanyak 10,23 persen pada 2014. Kanker ini biasanya menyerang wanita yang berusia di atas 55 tahun. Meski begitu, kanker ini juga bisa menyerang remaja dan anak-anak.

Kanker ovarium bisa disembuhkan jika mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. Adapun, gejala yang ditimbulkan oleh kanker ini adalah perut kembung, kurang nafsu makan, berat badan turun dengan drastis, siklus haid berubah dan panggul merasa gak nyaman. 


4. Kanker usus besar

Kanker berikutnya yang banyak menyerang wanita adalah kanker usus besar. Sebanyak 11,7 persen kasus baru muncul pada 2014. Kanker ini disebabkan oleh banyak hal.

Beberapa penyebab kanker ini di antaranya adalah riwayat kesehatan keluarga; memiliki polip di rektum atau usus besar dan memiliki radang usus. Adapun, risiko kanker usus besar semakin meningkat apabila wanita memiliki berat badan berlebih karena banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, terutama lemak hewani. 


5. Kanker paru-paru

Pada 2014, sebanyak 9,3 persen kasus baru terjadi untuk kanker paru-paru dan sebanyak 9,1 persen penderitanya meninggal dunia. Kanker paru-paru terjadi akibat sel-sel jaringan paru-paru tumbuh di luar dan membentuk tumor. Kantor ini menyebabkan tubuh gak berfungsi dan kualitas hidup menurun drastis.

Meski begitu, kanker bisa menyerang siapa saja, gak mengenal jenis kelamin dan usia. Untuk itu, ubahlah gaya hidupmu menjadi lebih baik. Perbaiki nutrisi makananmu dan jauhi kebiasaan merokok, minum minuman keras dan narkoba.

Sebisa mungkin banyaklah beraktivitas dan berolah raga. Jika kondisimu menurun, segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.