Header Ads


Ini 7 Tanda Bahwa Kadar Gula Darah Anda Sudah Tidak Wajar!



PastiSatu - Kadar gula darah yang tinggi faktanya tidak hanya dimiliki oleh penderita diabetes saja. Sebab, orang yang sehat pun bisa mengalaminya. Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar hal tersebut sehingga bisa membahayakan dirinya.

Oleh karena itu, ketahui ciri-ciri jika kadar gula darah kamu tinggi. Berikut ini informasi lengkapnya!


1. Selalu lapar

Glukosa merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Sayangnya, hormon insulin yang bertanggung jawab untuk mengubah makanan menjadi glukosa bisa saja gagal. Kondisi ini lah yang mengakibatkan kamu kerap merasa lapar karena tubuh belum mendapatkan sumber glukosa yang cukup.


2. Gampang merasa harus

Rasa haus yang selalu datang meski telah minum banyak air merupakan salah satu tanda gula darah tinggi yang paling sering ditemui. Akibat dari kondisi ini ginjal akan terganggu sesaat karena tubuh tidak mampu mengendalikan gula darah dan menyerap cairan dengan baik.


3. Selalu merasa kelelahan

Gula merupakan sumber utama energi dalam tubuh. Artinya, jika kandungan dula darah tinggi seharusnya energi yang dimiliki tubuh semakin banyak. Nyatanya, gula darah yang tinggi tidak bisa diolah dengan baik dan justru menganggu fungsi insulin. Sehingga tubuh tidak mengolahnya menjadi energi dan menjadi cepat lelah.


4. Penglihatan menjadi kabur

Gula darah yang meningkat membuat energi yang seharusnya dipakai untuk menjadi bahan bakar menjadi kacau. Dalam kondisi ini, jaringan saraf pada indra penglihatan akan terganggu dan pada akhirnya pandangan menjadi kabur.



5. Berat badan turun secara drastis

Jika anda merasa berat badan turun secara drastis, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Sebab, hal tersebut bisa menjadi ciri-ciri adanya diabetes yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh hormon insulin yang tidak bekerja dengan baik, sehingga tubuh mulai mengambil sumber energi lain, seperti protein.


6. Mulut kering

Kondisi di mana mulut kering atau biasa disebut xerostomia merupakan salah satu tanda gula darah tinggi. Sebab, gula darah tinggi menyebabkan kelenjar air liur terganggu sehingga mulut tidak menghasilkan air liur secara normal. Gejala lainnya adalah nyeri dan sakit pada gusi dan gigi.


7. Kesemutan

Kesemutan yang terjadi secara tiba-tiba atau munculnya sensasi dingin dan kebas bisa saja menjadi pertanda gula darah tinggi. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan saraf yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Jika kondisi-kondisi tersebut mulai terjadi, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Sebab, kadar gula darah tinggi yang terlalu lama dibiarkan bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes dan penyakit berbahaya lainnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.