Header Ads


Identik dengan Ramadan, Ini 7 Khasiat Blewah Bagi Kesehatan



PastiSatu - Menjelang datangnya Ramadan, kamu pasti sudah menunggu untuk bisa mencicipi ragam jenis takjil atau makanan yang khas saat bulan puasa ini. Salah satunya tentu saja olahan dari buah blewah.

Buah yang memiliki penampakan mirip dengan labu ini, memang sudah menjadi primadona saat Ramadan di Indonesia. Terkenal akan cita rasa khasnya yang segar, blewah ternyata memiliki banyak khasiat yang bagus untuk tubuh kamu.


1. Menyehatkan mata

Blewah yang memiliki nama latin Cucumis melo ini berkhasiat untuk menyehatkan penglihatanmu. Warna buahnya yang cerah disebabkan karena kandungan antioksidan beta-karoten di dalamnya, yang bisa menyehatkan mata. Blewah juga mengandung zeaxanthin yang dapat mencegah masalah mata akibat penuaan.


2. Meningkatkan kesehatan kulit

Blewah yang masih termasuk dalam keluarga melon ini bisa mencerahkan kulitmu lho! Kandungan kolagen yang melimpah dalam blewah dapat menjaga kerapatan jaringan kulit, sehingga kulit tak mudah kusam dan keriput. Vitamin C yang juga terkandung dalam blewah akan membuat kulitmu terlihat lebih bersinar cerah.


3. Menambah imunitas tubuh

Kalau tak menjaga pola makan dan kebiasaan selama bulan Ramadan dengan baik, ketahanan tubuhmu bisa menurun dan membuatmu jatuh sakit. Nah, itulah gunanya kamu mengonsumsi blewah, karena buah ini bisa meningkatkan imunitas tubuhmu.

Vitamin C dalam blewah sangat berpengaruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C akan menstimulasi produksi sel darah putih yang berfungsi membasmi ragam bakteri berbahaya, virus, dan zat beracun lainnya dalam tubuh. 


4. Menghindarkan tubuh dari dehidrasi

Saat puasa, sudah tentu kadar cairan dalam tubuhmu berkurang dari hari biasa. Nah, untuk menambah asupan cairanmu dan terhindar dari dehidrasi saat puasa, blewah merupakan buah yang tepat untuk kamu konsumsi. Mengapa begitu? Karena 90 persen dari total kandungan blewah adalah air. Kamu pun gak perlu takut bibirmu akan pecah-pecah karena kekurangan cairan.


5.Memperlancar sistem pencernaan

Blewah kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan dengan mudah. Kandungannya ini membuat blewah cocok untuk kamu konsumsi saat mengalami pencernaan yang tak lancar atau konstipasi. Selain itu, blewah juga mengenyangkan, sehingga bisa menghilangkan rasa laparmu dengan seketika.  


6. Memperlancar tekanan darah

Blewah kaya akan zat potasium yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir dengan lancar. Karena itulah, blewah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.


7. Menyuburkan rambut

Kamu punya masalah dengan rambut rontok yang membuat rambutmu menipis? Coba konsumsi blewah untuk menyuburkan rambutmu! Kandungan vitamin A dalam blewah membantu pertumbuhan rambutmu dan menjaga kesehatannya. Vitamin A akan menstimulasi produksi sebum pada kulit kepala dengan normal, sehingga kulit kepala menjadi lembap.

Itulah 7 manfaat yang ditawarkan oleh blewah, buah yang identik dengan Ramadan. Jangan lupa untuk memasukkan blewah dalam menu sahur dan berbukamu nanti, agar kamu tetap ternutrisi sepanjang hari!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.