Header Ads


Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan



PastiSatu - Markisa memiliki rasa yang khas yaitu perpaduan antara rasa asam dan manis yang memberikan rasa yang lezat dan menyegarkan saat dimakan. Markisa juga adalah salah satu buah yang dimanfaatkan bijinya.

Indonesia memiliki dua jenis markisa yaitu markisa kuning dan markisa ungu. Markisa ungu memiliki aroma yang khas dengan bentuk bulat. Sedangkan markisa kuning bentuknya lebih besar daripada markisa ungu dan memiliki warna kulit yang lebih cerah.

Banyak yang tak tahu kalau ternyata markisa mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Nah berikut 5 manfaat markisa untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Check this out!


1. Mengurangi serangan asma

Kandungan histamin yang terdapat pada markisa dapat meredakan serangan asma yang sedang kamu alami. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa buah markisa memiliki manfaat besar untuk mengobati maag.


2. Menurunkan berat badan

Rutin mengonsumsi jus markisa dapat membantu menurunkan berat badan karena markisa adalah buah yang rendah kalori.

Selain itu, markisa kaya akan karbohidrat dan gula alami sehingga mampu menurunkan kolesterol dan mempercepat proses pemulihan tubuh dengan memenuhi asupan energi akibat berolahraga.


3. Membantu tidur lebih nyenyak

Jus markisa memiliki efek menenangkan saraf sehingga mampu merelaksasi pikiranmu. Hal semacam ini tentunya sangat membantu para penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur pulas. Oleh karenanya, segelas jus markisa sebelum tidur bisa membuat para penderita insomnia tidur lebih nyenyak.


4. Menjaga kondisi saluran pencernaan

Di dalam buah markisa terdapat kandungan serat yang tinggi. Serat sangat penting bagi kesehatan saluran pencernaan sehingga saluran pencernaan seperti usus jadi bersih sehingga terhindar dari sembelit. Selain itu, buah markisa juga bisa dijadikan obat pencahar ringan.


5. Dapat melindungi tubuh dari ancaman penyakit

Markisa mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Markisa kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh agar terhindar dari peradangan kronis, penyakit jantung dan kanker.

Selain itu, mengonsumsi markisa mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penuaan dini.

Nah, itulah 5 manfaat dari buah markisa untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Jadi, mulai sekarang rajinlah mengonsumsi markisa yang bermanfaat besar untuk kesehatan tubuhmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.