Header Ads


5 Tips Ini Bantu Kurangi Risiko Penyakit Jantung Pada Pria



PastiSatu - Penyakit jantung diperkirakan sebagai pembunuh no 1 bagi para pria. Bahkan di Indonesia sendiri penyakit ini begitu mengerikan. Kebiasaan hidup yang buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol memicu masalah pada jantung. Pada tahun 2013, penyakit ini menewaskan 321.000 pria di Amerika Serikat. Jumlah ini menunjukkan 1 dari 4 pria meninggal disebabkan oleh penyakit jantung.

Banyak faktor yang membuat pria lebih berisiko terkena penyakit jantung daripada wanita. Hormon wanita yang secara alami menyebabkan menstruasi dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk itu perlu adanya pola hidup sehat yang dapat mengurangi risiko mengerikan agar para pria terhindar dari penyakit ini.

Berikut tips-tips yang bisa dilakukan oleh pria untuk mengurangi risiko penyakit jantung.


1. Konsumsi lebih banyak sayuran dan buah

Sayuran dan buah kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan jantung. Makanan nabati ini dapat mengurangi masalah kardiovaskuler. Kalori pada sayuran dan buah sangat rendah sehingga tidak menyebabkan penumpukan kalori yang bisa memicu penyakit jantung. Vitamin C, zat besi, dan antioksidan lain pada buah dan sayuran dapat memperlancar aliran darah sehingga menurunkan resiko penyakit ini.

Kamu dapat mengikuti diet Mediterania yang memfokuskan menu makanan sehat pada buah dan sayuran. Pilih buah dan sayuran segar. Hindari sayuran kalengan yang diberi tambahan gula. Sayuran dan buah yang dibekukan dapat kamu coba juga karena kandungan vitaminnya masih utuh.


2. Menambah gandum utuh dalam menu makanan

Gandum utuh merupakan sumber serat yang baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Biji-bijian ini pun kaya akan vitamin yang membantumu menjaga kesehatan jantung. Kamu dapat menambahkan biji-bijian seperti gandum ini dalam menu makanan sehatmu.

Tepung gandum dapat digunakan dalam mengganti berbagai macam olahan tepung. Makanan seperti donat, mie instan, burger, dan makanan cepat saji lainnya sebaiknya dikurangi. Roti gandum, sereal, dan tepung gandum dapat kamu jadikan cemilan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.


3. Batasi lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh dan lemak trans memicu penyakit arteri koroner. Lemak ini meningkatkan kolesterol jahat yang memicu masalah pada jantung. Tingkat kolesterol yang tinggi dapat menumpuk plak pada arteri atau atherosclerosis. Akibatnya resiko serangan jantung dan stroke akan mudah menyerang pria.

Lemak ini hanya boleh dikonsumsi 11 hingga 13 gram atau setara dengan 5 persen hingga 6 persen kebutuhan kalori harian. Daging tanpa lemak dapat kamu pilih untuk menghindari lemak jenuh. Kurangi penggunaan minyak dan margarin. Minyak zaitun lebih baik digunakan. Makanan yang direbus dan dipanggang akan lebih baik daripada segala macam gorengan.


4. Mengonsumsi makanan tinggi protein

Makanan yang tinggi protein harus banyak dikonsumsi agar kesehatan jantung terjaga. Daging tanpa lemak, ikan, produk susu rendah lemak, telur dan makanan nabati lainnya dapat kamu jadikan menu makanan sehatmu. Ikan adalah sumber protein terbaik yang kaya akan omega 3. Omega 3 ini dapat membantumu dalam menjaga tekanan darah dan melindungi dari kolesterol jahat.

Susu murni kaya akan protein yang dibutuhkan jantung. Untuk daging unggas, membuang kulit sangat disarankan. Produk kedelai seperti tahu dan tempe sangat baik dikonsumsi. Selain harganya yang murah, kandungan proteinnya pun baik untuk kamu yang ingin hidup sehat.


5. Mengurangi jumlah natrium dalam makanan

Kelebihan natrium dapat memicu masalah tekanan darah tinggi dan kolesterol. The American Heart Association menyarankan bahwa orang dewasa tidak boleh mengonsumsi natrium lebih dari 2300 miligram atau sekitar satu sendok teh garam perhari. Bahkan idealnya jumlah ini dikurangi sampai 1500 miligram perhari.

Cara terbaik mengurangi asupan natrium adalah tidak banyak menambahkan garam pada makanan. Rempah-rempah alami lebih baik daripada bumbu-bumbu instan lainnya. Jangan terlalu banyak mengonsunsi saus tomat, mayones dan kecap asin. Makanan yang tinggi msg dan garam sebaiknya dihindari untuk mencegah penyakit jantung.

Tips-tips ini harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan pola makan sehat. Kebiasaan merokok dan alkohol harus dihindari untuk menjaga kesehatan jantung. Lakukan olahraga rutin agar hidup selalu sehat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.