Header Ads


Inilah 7 Ikan yang Serin g Dikonsumsi Oleh Orang Indonesi




Ikan apa yang paling kamu suka? Banyak banget makanan yang berbahan dasar ikan. Dari ikan bakar, ikan asap, dan sebagainya. 

Tapi dari sekian banyak jenis ikan, ada beberapa yang paling populer dan disukai sebagian besar orang. Rasanya yang gurih dan tekstur yang lembut kerap jadi alasannya, seperti beberapa jenis ikan berikut ini!


1. Kakap

Ikan laut khas Kepulauan Riau ini begitu populer di kalangan pecinta seafood. Kakap sendiri mempunyai banyak jenis, seperti merah dan putih. Harganya pun bervariasi tergantung kondisi cuaca dan musimnya, biasanya dibanderol antara Rp60-80 ribu per kilogram. 

Banyak cara untuk mengolah kakap, biasanya diolah menjadi kakap asam manis, kakap bumbu kuning, gulai, dan sebagainya. Kakap ini sangat baik untuk tubuh, karena mengandung selenium tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan menangkal radikal bebas.


2. Tenggiri

Pasti sudah gak asing lagi dengan ikan satu ini. Tenggiri yang hidup di laut dangkal ini termasuk karnivora yang senang memakan kumpulan ikan kecil. Ikan ini pun masih satu kerabat dengan tuna dan tongkol dengan bentuk memanjang dan daging kulit licin.

Orang Indonesia biasanya memadukan ikan tenggiri dengan berbagai tepung untuk menghasilkan batagor, siomay, pempek, dan lain-lain. Tak sedikit pula orang yang lebih senang mengonsumsinya dengan bumbu Bali, kuah kuning, atau sejenisnya.


3. Tuna

Tuna merupakan salah satu jenis ikan paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Harganya cukup mahal mengingat dagingnya yang sangat lezat, apalagi untuk sushi atau sashimi. Di pasaran harganya dibanderol sekitar Rp80-120 ribu per kilo, tergantung jenisnya.

Tuna sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung protein dan asam amino yang tinggi. Dagingnya juga mengandung lemak yang rendah, sehingga tidak membahayakan jantung. Meski begitu, jangan terlalu berlebihan ya, kita dianjurkan mengonsumsi ikan tuna sebanyak 170 gram dalam sepekan.


4. Salmon

Dibandingkan tuna, salmon menjadi pilihan terbaik kalau mau dimakan langsung. Harganya pun terpaut jauh, yakni sekitar Rp300 ribuan per kilo. Gak heran, karena salmon memiliki rasa daging yang manis, kenyal, dan lembut.

Hebatnya lagi, salmon memiliki banyak manfaat, lho! Beberapa di antaranya seperti sumber lemak sehat, menurunkan tekanan darah, sumber vitamin, antiinflamasi, pelumas sendi, dan sebagainya. Kamu termasuk pecinta salmon gak, nih?


5. Lele

Beralih ke ikan air tawar, ada lele yang bertubuh licin dan memiliki kumis. Ikan ini begitu populer di Indonesia. Olahan yang paling favorit adalah pecel lele. Dagingnya yang lembut dan gurih sangat pas disajikan bersama sambal pedas.

Lele juga memiliki banyak manfaat, seperti sumber vitamin B-12, rendah merkuri, mengandung asam lemak sehat, serta rendah kalori dan lemak.


6. Gurami

Gurami menjadi salah satu menu wajib di rumah makan seafood. Ikan ini menjadi pilihan ekonomis jika kakap dirasa terlalu mahal. Meski lebih murah, rasanya tak kalah lezat, dagingnya padat, rasanya enak, dan gurih.

Biasanya orang Indonesia suka mengonsumsinya dalam bentuk gurami goreng, bakar, asam manis, atau semacamnya. Kalau kamu sendiri lebih suka olahan gurami seperti apa?


7. Wader

Terakhir ada ikan mungil yang sering ditemukan di perairan air tawar, seperti sungai, kolam, dan waduk. Wader cukup populer di Indonesia, terutama Jawa. Biasanya wader dikonsumsi dengan cara diberi sedikit tepung, lalu digoreng.

Wader goreng terasa renyah dan gurih, paling enak disantap dengan sambal dan nasi. Bahkan, beberapa daerah menjadikannya sebagai salah satu camilan oleh-oleh khasnya.

Nah, itulah beberapa jenis ikan yang populer dan sering dikonsumsi di Indonesia. Apakah salah satunya ada yang menjadi makanan sehari-harimu? Tulis di kolom komentar ya!





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.