Header Ads


Berikut 7 Etika Makan Paling Aneh di Dunia!



Majalahqqhoki - Setiap negara pasti memiliki aturan dan etika masing-masing. Mulai dari etika berperilaku, hingga etika makan, yang harus kita taati ketika berada di sana. Salah satu yang paling diperhatikan adalah etika makan.

Jika kamu sedang berlibur atau menyiapkan diri untuk liburan ke negeri orang, sebaiknya pelajari dulu bagaimana etika makan di negara tersebut. Sebab, table manners  merupakan cara utama menunjukan rasa hormat kepada tuan rumah yang menyediakan makanan tersebut.

Berbeda dengan Indonesia, inilah 7 negara yang memiliki etika makan paling aneh di dunia. Simak ya!


1. Menyeruput makanan untuk menghargai koki: Jepang dan Korea

Jika sedang makan sup atau mie, orang-orang Jepang dan Korea menikmatinya dengan menyeruput makanannya. Cara ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada makanan koki atau orang yang memasaknya. Menyeruputnya lebih keras justru lebih baik! Hmm, kalau di Indonesia pasti sudah dibilang gak sopan deh.


2. Jangan menghabiskan makanan dengan bersih: China

Kalau di Indonesia, setiap orang tua pasti akan memarahi anak-anaknya jika makanannya tidak habis bukan? Tetapi etika ini tidak berlaku di China.

Justru kebalikannya, jika kamu memakan makananmu dengan sangat bersih dan tak ada yang tersisa di piringmu, hal itu merupakan penghinaan besar. Karena kamu telah menunjukkan bahwa kamu masih lapar, dan menandakan bahwa kokimu tidak memberikan makanan yang cukup. Wah, aneh ya!


3. Jangan ucapkan terima kasih: India

Ini memang aneh, di banyak negara, mengucapkan terima kasih kepada orang yang menuangkan minum dan memberikan hidangan lezat itu dianggap sopan. Tetapi tidak dengan India. Negara ini menganggap hal tersebut sebagai penghinaan. 

Selain itu, di India, kamu juga harus makan dengan tangan kanan. Karena menurut mereka, makan dengan tangan kiri merupakan hal yang najis.


4. Jangan menyentuh makanan dengan tangan: Brazil dan Chile

Di Brazil, menyentuh makanan langsung dengan tangan akan dianggap tidak sopan. Orang-orang lokal biasanya makan menggunakan garpu dan pisau.

Termasuk makan burger, pizza, bahkan kentang goreng sekali pun, harus tetap menggunakan garpu. Eits, bukan hanya di Brazil, di Chile juga memiliki etika seperti ini.


5. Jangan memasukkan garpu ke dalam mulut: Thailand

Makanan khas Thailand sudah tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Ada berbagai makanan yang perlu kamu coba jika kamu ke sana. Tapi, jangan sembarangan makan, Thailand juga punya etika makan yang saklek.

Kamu akan mendapakan sumpit untuk hidangan yang berjenis mie, serta sendok dan garpu untuk makanan lainnya. Seperti biasa, garpu menggunakan tangan kiri dan sendok menggunakan tangan kanan.

Tetapi aturan etikanya, kamu tak boleh memasukkan garpu ke dalam mulut. Penggunaan garpu hanya untuk membantu menahan makanan di piring yang dipotong-potong dengan sendok.


6. Jangan meminta menambah keju: Italia

Italia memang terkenal dengan makanan-makanan khasnya yang lezat, terutama pasta dan pizza. Salah satu bahan yang membuat pasta adalah keju. Bagi kamu penggila keju, jangan harap kamu bisa mendapatkan ekstra keju ketika kamu makan di sana.

Jangan sekali-sekali kamu minta tambahan keju di atas pastamu jika tidak ditawarkan pihak restorannya. Karena hal itu dianggap sebagai dosa jika diletakkan di atas pizza atau pastamu. Hati-hati ya gengs…


7. Makan tacos harus menggunakan tangan: Meksiko

Jika kamu terbiasa makan dengan menggunakan sendok dan garpu. Di Meksiko, kamu harus mengikuti etika makan yang berbeda.  Penduduk lokal Meksiko terbiasa makan Tacos langsung menggunakan tangan.

Mungkin alasannya karena makan tacos dengan sendok dan garpu lebih sulit dibandingkan dengan tangan. Namun ternyata, alasannya adalah orang Meksiko berpikir makan Tacos pakai sendok dan garpu merupakan hal konyol dan dianggap sombong. Nah, lebih sopan langsung makan pakai tangan saja.

Itulah 7 negara yang memiliki etika makan paling "aneh" di dunia. Kalau kamu sedang berlibur di sana, jangan sampai salah langkah ya. Bisa-bisa kamu dianggap gak sopan.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.