Header Ads


Inilah 3 Indera Tambahan yang Dimiliki Oleh Manusia, Tapi Sering Tidak Disadari!



Majalahqqhoki - Ada berapa indra sih yang manusia miliki? Sebagian besar dari kamu pasti akan menjawab ada lima. Ya, selama ini yang kita ketahui dan sudah diajari adalah manusia memiliki lima macam indra, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan pengecap.

Tapi jangan salah, pada kenyataannya kita memiliki tiga indra tambahan yang mungkin belum pernah diajari di sekolah sebelumnya. Bukan indra keenam atau indra lainnya yang bersifat mistis kok.

Dilansir dari Bustle, ketiga indra ini diketahui secara ilmiah dan memang agak sedikit sulit digambarkan karena mirip-mirip dengan indra lain yang sudah kita ketahui sebelumnya. Meskipun mirip, bukan berarti sama lho. Apa saja ketiga indra tersebut? Ini dia ulasannya:


1. Thermoception

Setiap organisme mempunyai indra ini lho. Thermoception adalah indra yang berfungsi mendeteksi temperatur, baik panas ataupun dingin. Tapi, jangan samakan indra ini dengan indra peraba ya. Karena kedua indra ini dikendalikan oleh sistem saraf yang berbeda pula. Thermoception dikendalikan oleh neuron khusus di otak kita. Dengan adanya indra ini, tubuh kita secara otomatis dapat bereaksi terhadap berbagai macam suhu.


2. Proprioception

Indra selanjutnya adalah proprioception, yaitu kemampuan mengendalikan gerak tubuh kita. Dengan adanya indra ini, kita dimungkinkan untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari olah raga, berjalan, ataupun bermain alat musik. Semua kegiatan ini pun dapat dilakukan tanpa kita harus melihat secara langsung pergerakan tubuh kita sendiri.

Tapi jangan samakan juga indra ini dengan indra peraba. Karena indra yang satu ini selain meliputi fungsi otak, juga meliputi sendi dan otot, yang tentunya berbeda dengan indra peraba.


3. Equilibrioception

Sering gak sih kamu tersandung namun masih bisa mampu berdiri lagi dan tidak sampai terjatuh? Hal ini terjadi karena hasil kerja indra yang satu ini. Equilibrioception antara lain indra yang mengatur keseimbangan tubuh kita. Fungsi indra ini tak lain dikerjakan oleh suatu cairan yang ada di bagian dalam telinga kita.

Cairan ini akan menyesuaikan setiap pergerakan tubuh untuk memungkinkan kita menjaga orientasi dan keseimbangan. Indra equilibrioception ini juga dapat terlihat di hewan lain, contohnya adalah monyet dan kucing.

Ternyata gak sesimpel yang diajarin waktu sekolah dulu ya. Tapi memang sesuai definisinya sendiri, indra mencakup segala sistem sensor yang berfungsi memberikan respon setiap ada stimulus tertentu di lingkungan sekitar kita.




Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.