Header Ads


Anda Sering Pusing Saat Sore Hari? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya




Sakit kepala saat sore pada dasarnya sama seperti sakit kepala pada umumnya. Hanya saja yang membedakannya adalah waktunya. SAkit kepala saat sore hari biasanya dipicu oleh aktivitas seharian, seperti bekerja di kantor atau belajar disekolah.

Jangan khawatir, sakit kepala ini biasanya tidak menyebabkan perkara serius dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya saat malam hari. Meski begitu, pada kasus tertentu sakit yang berlebih bisa jadi adalah gejala dari penyakit yang lebih serius. Nah berikut adalah beberapa penyebab umum rasa pusing pada sore hari, diantaranya :


1. Gaya hidup yang kurang sehat

Salah satu penyebab sakit kepala di sore hari adalah karena gaya hidup yang kurang sehat, seperti dehidrasi, stres karena pekerjaan, terlalu lama terpapar sinar matahari, terlalu banyak mengonsumsi kafein dan kurang istirahat.


2. Sakit kepala tipe ketegangan

Salah satu penyebab sakit kepala saat sore hari adalah sakit kepala tipe ketegangan. SAkit kepala ini adalah sakit kepala yang biasa dialami. Dilansir dari American Migrain Foundation, 75 persen orang dewasa mengalami dari waktu ke waktu.

Sementara, 3 persen dari mereka sering mengalaminya. Selain itu, wanita lebih rentan dua kali lipat daripada pria.

Adapun gejalanya adalah sakit yang menekan hampir di seluruh kepala. Seringnya, akan disertai rasa ga nyaman dibelakang leher. Pemicunya sendiri adalah stress dan bisa diredakan dengan latihan pernapasan atau olahraga.


3. Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster adalah sakit kepala yang langka. Kurang dari satu persen orang yang mengalaminya. Sakit kepala yang intensif menyebabkan sakit yang ekstrem, mulai dari mata hingga sebelah kepala.

Sakit ini berdatangan layaknya serangan ombak atau disebut cluster. Setiap cluster berlangsung mulai dari beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Sakit kepala ini umumnya diikuti oleh gejala lain, seperti mata merah sebelah, mendadak pilek, wajah berkeringatm dan kulit pucat. Sayangnya, penyebab penyakit ini belum diketahui. Ada kemungkinan disebabkan efek samping dari obat penyakit jantung


4. Tekanan rongga kepala spontan

Sakit kepala sore hari juga bisa disebabkan oleh tekanan rongga kepala spontan (SIH) atau disebut juga sakit kepala tekanan rendah. Sakit kepala ini lebih sering dialami wanita daripada pria. Sakit kepala ini juga sering menjangkiti seorang yang telah divonis memiliki jaringan ikat lemah otak.

Rasa sakitnya biasanya menjalar hingga ke leher. Akan semakin sakit apabila anda mengalami bersin, batuk, olahraga, membungkuk, atau berhubungan seksual. Sakit kepala ini biasanya diikuti oleh gejala lain, seperti sensitif terhadap cahaya, mual, telinga berdenging, pusing, sakit punggung hingga dada dan penglihatan ganda.


5. Sakit kepala karena adanya tumor otak

Jika terasa sakit yang tak berkesudahan, ada kemungkinan penyebabnya adalah tumor di otak. Sakit kepala ini bisa menyerang kapan saja, otomatis juga bisa terjadi saat sore hari.

Adapun, gejala sakit ini disertai mual, muntah, kejang, pandangan buram, masalah pendengaran, sulit bicara, dan lengan mati rasa. Jika sudah demikian, mau tidak mau anda harus pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan serius.


Jika dari 5 alasan tersebut, anda pernah mengalaminya, alangkah baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan mendiagnosis dan melakukan penanganan terbaik agar sakit yang sama tidak pernah datang lagi.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.