Header Ads


8 Fakta Mencengangkan Tentang Beruang!



Beruang merupakan salah satu hewan predator terbesar di muka bumi. Dikenal bertubuh besar dan terlihat lamban, ternyata hewan ini dapat berlari lebih cepat dari pelari cepat dunia. Apa saja fakta-fakta mencengangkan seputar beruang? Disimak, yuk!


1. Penglihatan hampir sebaik manusia

Penglihatan beruang hampir sama baiknya seperti manusia. Mereka memiliki penglihatan yang dapat mendeteksi warna. Ini kemungkinan digunakan untuk memilih buah-buahan dan kacang-kacangan yang sudah matang. Beruang juga memiliki penglihatan malam seperti anjing, kucing dan hewan-hewan malam lainnya, untuk mendeteksi gerak dalam gelap.


2. Penciuman seribu kali lebih tajam dari manusia

Penciuman beruang lebih baik daripada anjing dan sebagian besar mamalia lainnya. Bila dibandingkan dengan manusia, penciuman beruang seribu kali lebih tajam. Beruang kutub bahkan dapat mencium bau mangsa 32 km jauhnya dan mencium bangkai anjing laut tiga meter di bawah es.


3. Taring panjang dan kekuatan gigitan luar biasa

Beruang adalah satu-satunya predator besar yang secara rutin memakan daging dan tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu, mereka memiliki gigi-gigi yang berbeda sesuai fungsinya.

Beruang memiliki empat puluh dua gigi, sepuluh gigi lebih banyak dari manusia. Taring mereka dapat mencapai 4 cm panjangnya. Beruang grizzly memiliki kekuatan gigitan lebih dari delapan juta pascal, cukup untuk menghancurkan bola bowling.


4. Binatang yang cerdas

Beruang merupakan binatang yang cerdas. Disebutkan bahwa beruang telah beradaptasi untuk menonaktifkan perangkap beruang, dengan cara menggelindingkan bebatuan ke atasnya, kemudian mengambil umpannya untuk dimakan dengan aman.


5. Dapat berlari kencang

Beruang dapat berlari lebih dari 60 km/jam, lebih cepat dari Usain Bolt, pelari cepat dunia yang tercatat berlari 27 mil/jam, atau sekitar 43 km/jam. Beruang dapat menjaga kecepatannya meskipun menaiki atau menuruni bukit, atau bahkan berlari di medan yang miring. Mereka dapat berdiri dan berjalan di atas dua kaki.

Distribusi berat yang dilimpahkan ke dua kaki belakang membuat mereka terlihat lamban. Namun, hal ini justru membuat mereka dapat berlari sangat cepat secara tiba-tiba, biarpun mudah kelelahan.


6. Cakar panjang untuk menggali, memanjat dan mencengkeram

entuk cakar beruang berbeda-beda tiap spesies. Beruang pemanjat seperti beruang hitam memiliki cakar melengkung dan kuat yang membantu mereka memanjat batang pohon.

Beruang penggali seperti beruang grizzly memiliki cakar lurus panjang. Cakar beruang besar bisa memiliki panjang 10 cm.


7. Beruang tidak buang air besar selama hibernasi

Selama tidur musim dingin, beruang tidak buang air besar. Tubuh mereka dapat mendaur ulang kotoran menjadi protein. Ilmuwan masih tidak mengerti bagaimana persisnya sistem ini bekerja.


8. Semua beruang adalah perenang andal

Rata-rata beruang dapat berenang 6-10 km/jam. Beruang secara teratur berenang melintasi danau dan sungai untuk patroli wilayah kekuasaannya. Mereka memiliki kekuatan kaki yang membuat mereka dapat berenang dan menyelam dengan mudah. Beruang kutub dapat berenang menempuh jarak 161 km jauhnya tanpa berhenti.

Nah, itu tadi merupakan fakta-fakta mencengangkan tentang beruang. Perlu diketahui juga bahwa enam spesies beruang kini telah dikategorikan dalam spesies yang terancam punah. Mari tingkatkan kesadaran untuk menjaga habitat mereka dan mengurangi perburuan liar.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.