Header Ads


5 Hal Ini Harus Diperhatikan Jika Minum Kopi Saat Puasa



PastiSatu - Bagi penggila kopi, rasanya setiap hari tanpa minum kopi seperti kehilangan pasangan hidup. Apalagi saat bulan puasa ini, sang peminum kopi yang akut juga harus mempunyai trik agar minum kopi jalan terus, tapi tetap sehat dong.

Banyak yang mengkhawatirkan minum kopi dalam keadaan puasa akan memicu peningkatan asam lambung. Meskipun kamu bukan penderita maag, no way deh kalau minum kopi. Tapi, jika memang sudah kepingin banget ya mau bagaimana lagi? Intinya boleh saja minum kopi saat setelah berbuka puasa kok, tetep ada hal-hal yang kamu harus pahami, di antaranya:


1. Boleh minum kopi asal imbangi dengan minum air putih yang banyak

Setelah berbuka diimbangi makanan kecil atau makanan besar, bisa kok minum kopi. Asal ingat sehabis minum kopi imbangi dengan minum air putih yang banyak agar tubuhmu tetap memperoleh asupan cairan. Kopi itu membuat kamu sering buang air kecil, takutnya kamu nanti dehidrasi lho.


2. Boleh minum kopi asal banyak makan buah juga untuk memberikan cadangan cairan dalam tubuh

Nah, sekali lagi minum kopi selepas berbuka puasa boleh banget kok cuma harus ingat cairan dalam tubuhmu juga kamu harus ganti lebih banyak pula karena kopi mengandung zat diuretik, yang membuat kamu berkemih terus. Makan buah yang mengandung cairan banyak disarankan, seperti semangka.


3. Boleh minum kopi asal setelah perut terisi terlebih dahulu untuk mencegah asam lambung naik

Boleh kok minum kopi kalau kamu sudah merindukannya. Asal isi dahulu perutmu dengan makanan utama, boleh salad, nasi, sop, atau kue-kue yang mengenyangkan perutmu. Hal ini bertujuan agar tidak memicu asam lambungmu naik pesat. Pikirkan jika buka puasa langsung minum kopi, akan berabe deh jadinya. Masa iya, kamu langsung lari ke UGD sih?


4. Pilihlah kopi yang tidak pekat kadarnya agar pencernaan aman

Mengonsumsi kopi setelah berbuka puasa aman-aman saja asal jenis kopi yang kamu minum tidak pekat cairannya. Kalau espresso? Oh no deh karena kopi ini kental banget, mendingan kamu minum jenis kopi yang tak kental, americano misalnya cocok deh untuk peminum kopi akut seperti kamu. Pikirkan hal ini agar pencernaanmu tetap baik-baik saja.


5. Tidak disarankan minum kopi saat sahur nanti tubuhmu terancam dehidrasi

Minum kopi setelah berbuka puasa sah-sah saja. Namun, hindari saat sahur ya hal ini bisa gawat karena akan menimbulkan dehidrasi. Minum kopi akan membuatmu buang air kecil terus menerus dan cairan dalam tubuhmu otomatis berkurang. Please, jangan lakukan ya guys!

Nah, camkam ya hal-hal di atas jika kamu ingin minum kopi saat sedang berpuasa. Asal dikonsumsi tidak berlebihan yakin tidak akan mengganggu kesehatanmu. Yang berlebihan memang tidak baik ya, jadi yang sedang-sedang saja.

Semangat hidup sehat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.