Header Ads


5 Hal Bahaya yang Akan Terjadi Jika Daya Tahan Tubuhmu Sangat Rendah



PastiSatu - Kesehatan adalah hal utama yang paling sering terlupakan. Gak heran sih, kesehatan memang sesuatu yang paling tidak terasa ketika kita miliki. Kita bisa dengan mudahnya merasa iri kepada orang yang kaya, punya pekerjaan mapan, punya fisik yang sempurna, hingga seringkali lupa bahwa kesehatan sendiri merupakan nikmat tiada terkira yang kita miliki.

Salah satu hal yang membuat tubuh kita sehat adalah sistem imun yang stabil. Sebenarnya seberapa berpengaruh sih sistem imun dalam menjaga kesehatan kita? Terus kalau imun kita rendah, apa ya yang akan terjadi?


1. Penyakit yang tak kunjung sembuh dan bahkan bertambah banyak

Sistem imun melindungi kita dari berbagai penyakit. Cuaca yang tak menentu, kadang membuat tubuh kita kebingungan. Misal, suhu yang panas sekali, dan kemudian tiba-tiba hujan, tanpa imun yang stabil, bukan gak mungkin kita menjadi demam hanya karena perubahan cuaca seperti ini.

Jika imun sangat rendah, berbagai penyakit pun bisa menyerang bahkan saat tidak ada penyebab yang signifikan.


2. Munculnya sel tumor dan kanker

Imun adalah sesuatu dalam tubuh yang mengatur sel-sel untuk bekerja normal menyesuaikan dengan kondisi seharusnya agar tubuh tidak terserang penyakit. Namun, jika imun sudah sangat lemah, akan ada sel-sel yang bekerja secara tidak normal. Hal inilah yang bisa membuat tumor atau kanker berkembang biak.


3. Infeksi pada bagian-bagian tubuh luar dan dalam

Dalam udara yang kita hirup sehari-hari, ada banyak sekali virus tak kasat mata yang bisa membahayakan kesehatan kita. Disinilah imun bekerja untuk melindungi tubuh kita dari serangan virus tersebut. Kebayang kan kalau imun kita rendah jadinya seperti apa? Virus-virus tersebut akan menyerang bagian tubuh kita baik luar maupun dalam dan menyebabkan terjadinya infeksi.


4. Gampang stres

Gak cuma mempengaruhi kesehatan fisik, imun yang rendah juga memberi dampak negatif pada kesehatan mental kita. Tubuh yang tidak fit sangat mudah membuat otak menjadi lelah sehingga munculah emosi yang tidak terkendali serta gangguan pikiran seperti stres. Gak sehat banget kan?


5. Berat badan menjadi tidak normal, baik itu jadi terlalu gemuk atau terlalu kurus

Imun juga memberi pengaruh pada kerja hormon dan pencernaan. Menjadi gampang gendut, dan atau menurunnya berat badan secara drastis bisa jadi disebabkan oleh sistem imun yang sedang tidak baik, lho.

Olahraga, istirahat, mengkonsumsi sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup terbukti mampu menjaga sistem imun dalam tubuh menjadi lebih baik. Selain itu, tanamkan juga pikiran yang positif agar bisa sehat lahir dan batin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.