Header Ads


Wah! Ternyata Ada Manfaat Sehat dari Goyang-goyang Kaki Sambil Duduk

Wah! Ternyata Ada Manfaat Sehat dari Goyang-goyang Kaki Sambil Duduk

Kesehatan, Jakarta - Kelamaan duduk, seperti halnya yang dilakukan pekerja kantoran memang tidak sehat. Bahkan sejumlah riset mengatakan, duduk terlalu lama akan menghambat aliran darah ke kaki yang berujung pada munculnya penyakit kardiovaskular.

Namun tim peneliti dari University of Missouri menemukan, fidgeting atau menggerak-gerakkan kaki sembari duduk setidaknya dapat mencegah beragam penyakit yang bisa menyerang pembuluh darah di kaki akibat duduk terlalu lama.

Alasannya adalah karena gerakan semacam ini dapat memperlancar aliran darah, termasuk mencegah penumpukan plak lemak di kaki yang kemudian dapat memicu penyakit. Gerakannya sendiri bisa sangat beragam untuk masing-masing orang, semisal jinjit-jinjit, memutar-mutar jempol kaki atau menggoyang-goyangkan telapak kaki.

Seperti dikutip dari situs resmi universitas, Kamis (11/8/2016), temuan tersebut terungkap setelah peneliti membandingkan fungsi pembuluh vaskular di kaki 11 partisipan sehat, sebelum dan sesudah diminta duduk selama tiga jam.

Kemudian masing-masing partisipan diminta menggoyangkan satu kakinya dalam kurun waktu tertentu dan membiarkan kaki lainnya diam saja. Bila ditotal, rata-rata partisipan menggerakkan kakinya sebanyak 250 kali tiap menitnya.

Setelah itu, peneliti mengukur aliran darah ke popliteal, pembuluh arteri di kaki bawah partisipan. Hasilnya, terjadi peningkatan aliran darah ke pembuluh darah, sedangkan pada kaki yang dibiarkan diam mengalami penurunan aliran darah.

Meski demikian, peneliti mengingatkan bahwa menggerak-gerakkan kaki bukan berarti Anda terbebas dari kebiasaan jalan kaki, apalagi menggantikan olahraga. "Anda harus beranjak dari tempat duduk sesering mungkin, bisa dengan berdiri atau jalan kaki. Tapi bila kepepet, fidgeting jauh lebih baik daripada tidak bergerak sama sekali," pesan Padilla.

Seseorang dengan gangguan pembuluh darah sendiri berisiko tinggi mengalami stroke maupun serangan jantung, tak peduli di manapun letak pembuluh darah yang mengalami penyumbatan.

Studi baru sebelumnya juga mengatakan, dampak buruk dari duduk terlalu lama juga dapat ditangkal dengan berjalan kaki selama satu jam saja.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.