Header Ads


Jarak Puskesmas 20 Km, Seorang Ibu Meninggal Dunia Saat Melahirkan

Jasad Simah saat hendak dikebumikan, Jumat (18/5/2018)


Majalahqqhoki.com, BENGKULU - Seorang ibu meninggal dunia saat melahirkan di Desa Sinar Mulya, Kecamatan Maje, Kabupaten kaur, Provinsi Bengkulu, Jumat (18/5/2018). 

Kepala Desa Sinar Mulya Purwanto saat dihubungi Kompas.com membenarkan peristiwa memilukan itu. Warganya yang meninggal saat melahirkan bernama Simah (40). 

Menurutnya, Simah meninggal karena buruknya akses menuju pusat kesehatan terdekat serta minimnya tenaga medis. Simah harus dibawa dari rumahnya ke Puskesmas desa dengan menempuh jalan sepanjang 20 kilometer.

"Puskesmas ada namun jaraknya dari rumah Simah sekitar 20 kilometer. Itu harus dilalui menggunakan kendaraan roda empat bergardan ganda," jelasnya.

Agen Sakong Online

Walaupun sang ibu meninggal, namun sang bayi lahir dengan selamat.. 

Purwanto mengatakan, masalah infrastruktur dan kurangnya tenaga medis menjadi salah satu masalah di desanya, sebab sebelum Simah, sudah ada warga yang meninggal dunia karena melahirkan. 

Ia berharap pemerintah dapat segera memperbaiki jalan desa yang buruk agar korban serupa tidak terulang. Sementara di desanya terdapat ratusan kepala keluarga yang bermukim menggunakan akses jalan buruk tersebut.


Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.