Header Ads


Gories Mere. Menjadi Salah Satu Target Pembunuhan Dalam Aksi 22 Mei!



PastiSatu - Nama Staff Khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan Gories Mere ujug-ujug mencuat. Sebabnya, Kepala Kepolisian Jenderal Tito Karnavian menyebut dia termasuk empat tokoh nasional yang menjadi target pembunuhan dalam aksi 22 Mei.

Selain Gories mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto; Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), Budi Gunawan; dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Gories merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1976, Ia fokus doi bidang reserse dan intelijen khususnya terorisme dan narkotika. Gories mengawali karirnya di bidang kepolisian sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Daerah Metro Jaya. Ia juga pernah duduk sebagai Direktur Reserse Polda Metro Jaya.

Karir Gories melejit ketika mantan Kepala Polri Da'i Bachtiar menunjuk dia sebagai ketua tim Ketua Tim Penyidik insiden bom bali 2002. Teror yang terjadi pada Oktober 2002 ini pun menjadi tonggak lahirnya Detasemen Khusus 88 Antiteror. Gories salah satu perwira yang ditugaskan merintis lembaga ini.

Pada 2009, Gories ditunjuk sebagai Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (BNN). Nah, kala itu, Gories pernah mendapat teror berupa bom buku yang dikirimkan ke kantor BNN di Cawang, Jakarta Timur pada 15 Maret 2011. Di tahun itu, sejumlah tokoh seperti pentolan Pemuda Pancasila Yapto Suryosumarno dan tokoh Jaringan Islam Liberal Ulil Abshar Abdalla juga dikirimi bom buku. 

Pada Desember 2012, Gories resmi pensiun dari kepolisian. Kemudian Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk dia sebagai Staff Khusus Bidang Intelijen dan Keamanan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.