Header Ads


Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sesudah Habis Makan!



PastiSatu - Makan merupakan salah satu cara untuk tetap bertahan hidup. Tubuh memerlukan asupan nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin, serta mineral. Semua asupan itu ada pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Namun nyatanya setelah makan sebaiknya kamu tidak melakukan lima aktivitas di bawah ini karena bisa menghambat kerja sistem pencernaanmu menjadi kurang optimal, yuk terapkan!


1. Minum teh

Ketika kamu langsung minum teh sesudah makan, pencernaan makanan yang ada di dalam lambungmu akan berjalan tidak sempurna. Hal ini disebabkan beberapa zat seperti protein dan zat besi akan sulit dicerna oleh tubuh karena kandungan asam tanin-nya. Entah teh hangat atau dingin keduanya tak  boleh langsung diminum setelah makan.


2. Mandi

Setelah makan jangan buru-buru mandi karena mandi ternyata bisa menyebabkan metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan saat mandi tubuh mengalami kenaikan suhu, yang harus suhu stabil saat mencerna makanan menjadi tak stabil karena mandi. Kenaikan suhu ini akan menyebabkan metabolisme tubuh menjadi turun dan terhambat. Oleh sebab itu disarankan mandi 30 menit kemudian sesudah makan.


3. Konsumsi buah

Banyak orang yang bilang bila konsumsi buah sebaiknya dilakukan setelah makan. Padahal ini adalah hal yang salah karena konsumsi buah harusnya sebelum makan. Saat makan berat seperti karbohidrat dan protein, biasanya tubuh memerlukan waktu yang lumayan lama untuk mencernanya karena zat ini merupakan zat yang kompleks.

Nah ketika kamu langsung makan buah setelah makan makanan berat maka buah tersebut akan didiamkan dalam waktu yang lama di dalam tubuh karena tubuh perlu mencerna makanan berat dahulu. Akibatnya buah-buahan tersebut akan terfermentasi di dalam tubuh, menghasilkan gas di perut dan perut pun menjadi begah.


4. Merokok

Tak hanya membahayakan tubuh ternyata merokok pun mempengaruhi keberlangsungan metabolisme tubuh. Merokok sesudah makan akan menyebabkan semua makanan yang masuk dalam tubuh akan sulit dicerna dan metabolisme tubuh pun menjadi terganggu. Merokok memang tidak memiliki manfaat sama sekali bagi tubuh dan aktivitas ini harus ditinggalkan.


5. Tidur

Sesudah makan biasanya kita sering mengantuk karena oksigen banyak berpindah menuju lambung. Namun aktivitas ini berbahaya karena bisa menyebabkan kadar asam lambung menjadi naik atau biasa di sebut fenomena heartburn. Tak hanya itu, langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan acid reflux dan berujung pada stroke bahkan kematian. Setelah makan memang sangat tidak disarankan langsung tidur dan lakukan aktivitas ini minimal dua jam kemudian.

Nah jaga kesehatan sistem pencernaanmu ya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.